Staf Ahli Keistimewaan Aceh, Membuka Leaders Ecotourism Expedition 2023

209

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ir. Khaidir, MM, membuka secara resmi kegiatan Leaders Ecotourism Expedition 2023, bertempat di Rumah Reje Baluntara, Kampung Toweren Uken Kecamatan Lut Tawar, Rabu (07/06/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah, Camat Lut Tawar, Ketua Persatuan Win Ipak (PAWAK) Aceh Tengah, Para Reje, Tokoh adat, dan Tokoh Ulama, serta Delegasi Leaders Ecotourism Expedition 2023 yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia.

Dalam sambutan tertulis Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, menyampaikan pemuda ialah pemegang peran penting dalam pembangunan bangsa, termasuk pemuda di Kabupaten Aceh Tengah. Pemuda dituntut untuk memiliki kemampuan unggul, berani, inovatif, kreatif, dan tangguh, serta tidak melupakan nilai-nilai kearifan lokal budaya daerah.

Ia melanjutkan, tanpa adanya keberadaan pemuda sebagai generasi muda, mungkin akan sulit dalam menjaga dan meneruskan identitas keaslian budaya daerah.

Kemudian, Penjabat Bupati Aceh Tengah sangat mengapresiasi semangat dan antusiasme dari para pemuda daerah, khususnya Kabupaten Aceh Tengah, mengingat pariwisata sangat menjanjikan, dikarenakan beberapa masalah sosial ekonomi yang ada dapat berkurang seiring dengan pembaharuan sektor pariwisata.

“saya melihat semangat generasi penerus bangsa ini dimiliki oleh pemuda-pemudi daerah kita tercinta ini, karena dengan adanya kegiatan kita pada hari ini membuktikan kepedulian kita terhadap keberlanjutan budaya kita,” jelas Khaidir.

“dengan ini, kami Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, terus bergeliat untuk memajukan serta mengembangkan industri pariwisata yang ada di daerah kita, dalam upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari lokal maupun mancanegara,” lanjutnya.

Menutup sambutan tertulis Penjabat Bupati Aceh Tengah, mengharapkan dengan adanya kegiatan Leaders Ecotourism Expedition 2023 dapat menjadi suatu kegiatan yang bisa mengenalkan budaya dan adat istiadat di Kabupaten Aceh Tengah kepada peserta kegiatan tersebut.

“saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat mengenalkan budaya dan adat istiadat Gayo kepada para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

“marilah kita bersatu padu, bekerja sama, dan saling mendukung untuk membangun bangsa Indonesia kita tercinta, dengan peningkatan pariwisata.” tutup Khaidir dalam sambutan tertulis Penjabat Bupati Aceh Tengah.

Dalam laporan Ketua pelaksanaan Win Rahmat Syifa, melaporkan bahwa, kegiatan Leaders Ecotourism Expedition 2023 bertemakan ‘Eksplorasi Potensi Pemuda Berbasis Pemberdayaan Sosial Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung tujuan Sustainable Development Goals’ direncanakan akan di laksanakan selama empat hari terhitung mulai 7-11 Juni 2023.

Ia menambahkan, nantinya para delegasi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia akan dibagi pada empat devisi, yaitu: devisi pendidikan; pariwisata; lingkungan; dan ekonomi kreatif. (AS/ProkopimAT)

X