Staf Ahli Pemerintahan Buka FGD Penguatan Pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender

251

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdakab Aceh Tengah Salman Nuri, S.STP, M.Ec.Dev, pembukaan Forum Group Discussion (FGD) Penguatan Pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender melalui analisis gender analysis Pathway dan Analysis Budget Statement melalui kegiatan penguatan dan pengembangan lembaga penyedia layanan pemberdayaan perempuan kewenangan Kabupaten/Kota, bertempat di Bappeda Aceh Tengah, Selasa (15/08/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepada DKBP3A Kabupaten Aceh Tengah, Kepada Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Aceh Tengah, dan para peserta, serta para narasumber pada FGD tersebut.

Dalam sambutan Penjaga Bupati Aceh Tengah menyampaikan, percepatan pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) melalui Badan Perencanaan Pembangunan nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkue), dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA) telah mengeluarkan surat edaran bersama mengenai strategi nsioanal percepatan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui PPRG.

“pelaksanaan PUG dalam pembangunan adalah sebagai PPRG pada satuan kerja di Kabupaten Aceh Tengah,” ucap Salman Nuri.

“dan berdasarkan regulasi yang sudah dilengkapi Kabupaten Aceh Tengah adalah bagian dari penilaian oleh KPP dan PA untuk Kabupaten Kota yang melaksanakan strategi PUG melalui PPRG,” sambungnya.

Kemudian, Salman Nuri melanjutkan Pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah sangat mendukung kegiatan FGD mengenai PPRG melalui analisis gender analysis Pathway dan Analysis Budget Statement.

“tentu Kabupaten Aceh Tengah sangat mendukung kegiatan FGD ini, agar perempuan memiliki kesempatan dan akses terhadap proses dan hasil pembangunan,” jelas Salman Nuri.

“karena itu kami meminta seluruh peserta FGD agar aktif dan serius dalam mengikuti kegiatan ini.” lanjutnya.

Sementara itu, dalam laporan kegiatan yang disampaikan Kepala Dinas KBP3A Aceh Tengah Drs. Alam Syuhada, MM, bahwa jumlah peserta keseluruhan Kegiatan Penguatan dan Pengembangan Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan Kewenangan Kabupaten Kota adalah 22 Orang yang Terdiri dari Bidang Hukum Sekdakab, Kepala OPD dan 2 orang Dari Bappeda.

“kegiatan in dilaksanakan sebagai percepatan pelasanaan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender melalui Analisis GAP dan GAB, yang Drver dari Pelaksanaan Strategi PUG in adalah Bappeda, Inspektorat, Badan Keuangan Daerah, dan Dinas KBP3A,” kata Alam Syuhada.

“oleh karena itu Kementerian Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak RI akan memberikan penghargaan Anugerah Prahita Eka Praya (APE) bagi Kabupaten Kota yang melaksanakan Strategi PUG di daerah nya melalui penilaian Aplikasi APE.” sambungnya. (AS/ProkopimAT)

X