Tim DRKA Lakukan Monev Layanan Adminduk di Aceh Tengah

57

Takengon – Dinas Registrasi dan Kependudukan Aceh (DRKA) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di Dinas Dukcapil Aceh Tengah sebagai upaya untuk menghimpun data dan informasi terkait penyelenggaraan layanan Adminduk.

Dipimpin oleh Kabid Fasilitasi Pencatatan Sipil, Ikhsan, Tim DRKA menyoroti target layanan Adminduk, standar pelayanan hingga kesiapan Dinas Dukcapil dalam menghadapi Pilkada, terutama bagaimana melakukan perekaman KTP bagi pemula yang juga sebagai pemilih potensial pada Pilkada mendatang.

“Monev ini kegiatan rutin tahunan untuk menghimpun data dan informasi terkait layanan Adminduk,” ungkap Ikhsan, Rabu (15/05/2024).

Lebih lanjut Ikhsan menyebutkan informasi yang dihimpun bisa berupa kendala atau permasalahan selama ini menghambat layanan sehingga perlu didiskusikan untuk dicari solusi pemecahan masalahnya.

Begitu juga bila ada kemajuan layanan yang dapat diadopsi untuk diterapkan ditempat lain.” Untuk Aceh Tengah umumnya sudah baik, persentase target layanan cukup tinggi dan diharapkan hingga akhir tahun sudah berada diatas target Nasional, demikian juga dengan standar pelayanan sudah mendapat predikat sangat baik,” ujar Ikhsan.

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal mengatakan pihaknya menilai kegiatan Monev yang dilakukan oleh DRKA sangat positif untuk meningkatkan kualitas pelayanan Adminduk.

“Kita banyak mendapat masukan, terutama dalam mengatasi permasalahan maupun perbaikan layanan Adminduk,” demikian Mustafa. (*)

X