Tingkatkan Pengembangan Kelembagaan Dayah, Dinas Pendidikan Dayah Aceh Tengah Adakan Pelatihan

539

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM hadiri sekaligus membuka pelatihan Administrasi Ketatausahaan Lembaga Dayah atau Pasantren, binaan Dinas Pendidikan Dayah Aceh Tengah Tahun 2022, di Aula Oro Coffe Mongal Takengon, Senin (06/06/2022).

Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas dan pengembangan kelembagaan dan tata kelola ketatausahan dan administrasi pada Dayah atau Pondok Pasantren yang terdapat di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

Mewakili Bupati Aceh Tengah, Asisten II menyatakan, pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut merupakan suatu agenda strategis yang keberlanjutan dalam upaya pembinaan tenaga ketatausahaan dan administrasi pada Dayah atau Pasantren di Kabupaten Aceh Tengah.

“Selaku pimpinan daerah kami sangat memberi perhatian terhadap seluruh lingkup manajemen administrasi pendidikan baik umum maupun pada Dayah/Pasanten agar pengelolaannya dapat menjadi lebih baik dimasa mendatang,”. Ungkapnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, mengatakan, saat ini di Era teknologi, pengunaan sarana komputer maupun aplikasi sebagai media tata kelola ketatausahan merupakan salah satu hal yang lumrah sesuai dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Buktinya, penggunaan sarana tersebut mampu mewakili perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada setiap aspek kehidupan.

Termasuk pada bidang pendidikan dan riset, menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk menghasilkan penelitian yang bermanfaat. Karena itu, Pelatihan tenaga Ketatausahan Dayah dan Pasantren yang dilakukan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Dayah ini, merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan tata kelola dan sistem administrasi Dayah/Pasanten yang lebih baik dan profesional.

”Kami harapkan peserta pelatihan ini, bisa menjadi pioner bagi sesama tenaga Ketatausahan atau Administrasi yang ada di lingkungan Pendidikan Dayah maupun di Dayah atau Pasantren nya masing-masing, dan kemudian peserta pelatihan hendaknya dapat menularkan ilmu dan kemampuan yang dimiliki untuk meningkatkan kemampuan tenaga Ketatausahan yang lain,” Tegas Harun Manzola.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses dan lancar, serta semoga Allah SWT, senantiasa memberi petunjuk dan kekuatan kepada kita untuk memberikan yang terbaik bagi peningkatan kemampuan tenaga ketatausahaan dan administrasi Dayah/Pasantern di Kabupaten Aceh Tengah.” Pungkas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah, Drs. Muslim, mengatakan, pelaksanaan Pelatihan tersebut merupakan inisiatif Dinas Pendidikan Dayah yang melihat masih belum tertibnya pelayanan administrasi dan pelaporan di Dayah, pelatihan ini diikuti 25 orang perwakilan tenaga administrasi Ketatausahan dari beberapa Dayah yang terdapat di Kabupaten Aceh Tengah.

”Di Aceh Tengah terdapat setidaknya 45 Dayah, namun pada pelatihan kali ini hanya dapat diikuti oleh 25 perwakilan dayah yang telah memiliki izin operasional kegiatan belajar mengajar di Dayah bersangkutan, Kegiatan ini dijadwal berlangsung sejak hari ini tanggal 6 hingga 10 Juni 2022 nanti.” Jelas Muslim Kadis Pendidikan Dayah Aceh Tengah.

Kadis Pendidikan Dayah juga menjelaskan, tujuan dari kegiatan pelatihan tersebut adalah untuk menambah wawasan tentang administrasi dan pembukuan setiap tenaga Ketatausahan dan administrasi pada lembaga pendidikan Dayah.

Ditambahkannya kalau semua itu telah dilaksanakan, InsyaAllah pengelolaan Administrasi dan Ketatausahan di Dayah akan semakin baik. semoga dengan pelatihan Ketatausahan Dayah Kita dapat meningkatkan tertib administrasi dan kearsipan Dayah dan Pasantren di masa Digital untuk pengembangan mutu dan kualitas pengelolaan Dayah di Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X