Asisten Administrasi Umum Wakili Pj Bupati Buka Kegiatan KMD dan KML Pramuka Kwarcab Aceh Tengah

232

Takengon – Kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Angkatan II dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) Angkatan I resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Ir. T. Mirzuan, MT yang dalam hal ini diwakili Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum Sukirman, S.STP, M.Ec.Dev, Selasa (07/03/2023) di Gedung Serba Guna SMA N 4 Takengon.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Kasat Binmas Polres Aceh Tengah, Kasdim 0106, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Kantor Kementerian Agama, serta Kepala Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Aceh Tengah H. Muchlis Gayo, SH.

Dalam sambutan tertulisnya, Pj. Bupati Aceh Tengah menyampaikan bahwa kegiatan Pramuka merupakan pendidikan non-formal di sekolah sehingga diharapkan melalui kegiatan pramuka seperti ini dapat membentuk karakter yang baik bagi peserta didik.

Menurutnya, kegiatan KMD dan KML sangat dibutuhkan dalam membentuk pelatihan pramuka yang berkualitas kepada peserta didik. Oleh karena itu, kegiatan yang berlangsung tersebut akan bermanfaat serta dapat meningkatkan pengetahuan kepramukaan.

“Bahwasannya salah satu pemegang peran penting dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan adalah pembinaan pramuka. Yang mana pada proses pembinaan pramuka tersebut, harus mampu membentuk perencanaan pembelajaran semenarik dan sekreatif mungkin, kemudian memiliki inovasi-inovasi sesuai perkembangan zaman, dan aplikasikan teori dari kepramukaan sehingga dapat membentuk sikap positif dari peserta didik,” Pesan Pj. Bupati dalam sambutannya.

“Tentusaja harapan kita bersama, dengan adanya kegiatan seperti ini, pramuka dapat memberi pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreativitas, dan kecakapan berpikir bagi peserta didik,” lanjutnya.

Selain itu, dikatakan Pj. Bupati bahwa Gugus Depan Pramuka Aceh Tengah dalam waktu dekat juga akan melaksanakan berbagai kegiatan baik di Tingkat Daerah maupun Nasional yaitu, Lomba bidang Keagamaan dan Kepramukaan Tingkat Daerah; Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang Kwarda Aceh; dan RAIMUNA Pramuka Penegak dan Pandega Tingkat Nasional. Karenanya, Pj. Bupati mengingatkan pengurus dan para Pandu didaerah ini untuk melakukan persiapan-persiapan agar keikutsertaan dalam kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Melalui kesempatan ini, kiranya dapat menjadi momentum dalam mengasah kemampuan dan meningkatkan pengetahuan, terkhususnya dibidang kepramukaan, sehingga kita siap menghadapi agenda kepramukaan yang rutin dilaksanakan baik secara regional maupun nasional.” Pesan Pj. Bupati menutup sambutannya.

Sebelumnya dalam laporan Ketua Panitia, Afrizal AR, menyebutkan bahwa, pelaksanaan kegiatan KMD dan KML tahun 2023 bertujuan untuk terpenuhnya Pembinaan Pramuka di sekolah, sehingga tercapai apa yang diamanatkan dalam Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Undang-Undang Pramuka Nomor 12 Tahun 2010. Landasan tersebut juga, menjadikan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan oleh siswa/i.

Disampaikannya, kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 6 hari mulai 07 s/d 12 Maret 2023, dimana 3 hari pertama kegiatan bersifat pemberian pembimbingan mengenai teori dan 3 hari selanjutnya kegiatan akan di isi dengan praktek di lapangan.

“Untuk kegiatan teori akan berlangsung di SMA Negeri 4 Takengon, sementara praktek lapangan akan dilangsungkan di Kampung Merodot Kecamatan Bintang.” Demikian lapor Afrizal. (AS/ProkopimAT)

X