Loka POM Bersama TP-PKK Aceh Tengah Gelar Sosialisasi Keamanan Obat dan Makanan

388

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, melalui Loka POM di Aceh Tengah adakan Sosialisasi Keamanan Obat dan Makanan bersama TP PKK Kabupaten Aceh Tengah, yang berlangsung di Hotel Parkside Gayo Petro – Takengon, Selasa (7/3/2023).

Dibuka secara resmi oleh Pj. Ketua TP PKK Aceh Tengah, Novita T Mirzuan, yang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih pada Loka POM yang telah bekerjasama dengan TP PKK Aceh Tengah, menggelar Sosialisasi Keamanan Obat dan Makanan kepada Komunitas PKK, dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terkait konsumsi/penggunaan Obat dan Makanan yang aman, melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan utamanya untuk wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

“Pengawasan Obat dan Makanan mempunyai implikasi luas terhadap kesehatan masyarakat, dengan adanya tantangan globalisasi yang mempengaruhi sistem perdagangan di Indonesia, juga mendorong perlunya peningkatan perlindungan masyarakat sebagai konsumen makanan dari resiko dan ancaman peredaran produk yang tidak memenuhi syarat”, Terang nya.

Dalam mengembangkan komunikasi risiko dibutuhkan peran lintas sektor yang bisa menjangkau penerima manfaat yang ditargetkan yaitu masyarakat dan komunitas masyarakat.

“Semoga melalui momentum ini dapat meningkatkan efektivitas kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya melalui peran Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan dan masyarakat mampu melindungi diri dari obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan”, Harap Pj. Ketua TP PKK Aceh Tengah.

Ditambahkan Novita T Mirzuan, agar para anggota TP PKK Aceh Tengah, dapat menggunakan layanan BPOM Mobile yang telah tersedia saat ini, yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan berita terbaru dari BPOM, serta mengecek suatu produk dengan memindai kode QR atau kode batang (Barkod), disertai layanan pengaduan terhadap suatu produk yang tersedia di pasaran.

Senada, selanjutnya Kepala Loka POM di Aceh Tengah, Sri Wardono, S.Si., Apt., M.Si. dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Loka POM di Aceh Tengah merupakan salah satu dari 44 unit teknis dari Badan POM Pusat, diharapkan nya agar para peserta yang hadir dalam kesempatan tersebut selanjutnya dapat menjadi agen penyampaian informasi bagi masyarakat terkait informasi meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya dalam konsumsi penggunaan Obat dan Makanan. (HMA/ProkopimAT)

X