Asisten III Buka Bimtek Pembinaan Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBK Tahun 2024

95

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tengah Sukirman, S.STP, M.Ec.Dev, membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah Tahun Anggaran 2024.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Aceh Tengah diikuti langsung oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah, Pejabat Pengelola Keuangan Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (PPK-SKPK) dan Bendahara Pengeluaran Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) se-Kabupaten Aceh Tengah, berlangsung di Ballroom Parkside Petro Gayo Hotel, Kamis (30/05/2024).

Dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan, kegiatan bimbingan teknis ini merupakan salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pengelolaan keuangan daerah.

“sebagaimana kita ketahui bersama, pengelolaan keuangan daerah yang baik dan tertib administrasi sangatlah penting dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan pembangunan di daerah kita,” ujar Sukirman.

“pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan tidak hanya menjadi tuntutan dari aspek regulasi, tetapi juga menjadi kebutuhan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik good governance,” sambungnya.

Ia juga mengharapkan dengan diadakan bimtek ini, juga dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan dan kompetensi teknis dalam bidang pengelolaan keuangan daerah, khususnya yang berkaitan dengan penatausahaan belanja dan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK).

Tujuan dari bimtek tersebut ialah untuk memberikan pemahaman yang mendalam serta keterampilan praktis mengenai, pengelolaan keuangan daerah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku; penatausahaan belanja daerah yang efektif dan efisien;
dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBK yang transparan dan akuntabel.

Sukirman melanjutkan melalui bimtek ini, diharapkan dapat memberikan solusi praktis atas berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan keuangan daerah, sehingga dapat tercipta sistem pengelolaan yang lebih tertib, efisien, dan transparan.

“oleh karena itu, saya mengajak seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, berpartisipasi aktif, dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, jadikanlah bimbingan teknis ini sebagai ajang untuk menambah wawasan, berbagi pengalaman, dan mencari solusi bersama atas berbagai kendala yang dihadapi,” harapnya.

“terakhir, kami tekankan keberhasilan pengelolaan keuangan daerah bukan hanya tanggung jawab individu tertentu, tetapi merupakan tanggung jawab bersama, sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak, sangat diperlukan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan akuntabel.” tutup Sukirman dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah. (AS/ProkopimAT)

X