Asisten III Buka Pelatihan SP4N-LAPOR!, Platform Aspirasi dan Pengaduan Terkait Pelayanan Publik

41

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tengah Sukirman, S.STP, M. Ec. Dev, membuka secara resmi pelatihan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) Kabupaten Aceh Tengah tahun 2024, di Command Center Setdakab Aceh Tengah, Kamis (06/06/2024).

Mengawali sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Aceh Tengah atas terlaksananya pelatihan SP4N-LAPOR!.

“pertama-tama, kami ucapkan terima kasih atas terselenggarannya pelatihan SP4N-LAPOR yang diikuti oleh organisasi perangkat daerah, puskesmas, dan BUMD Kabupaten Aceh Tengah” ucap Sukirman.

Pelayanan publik yang berkualitas merupakan salah satu indikator utama keberhasilan pemerintahan. Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang cepat, transparan, dan akuntabel.

“keberadaan SP4N-LAPOR! menjadi sangat penting dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang responsif terhadap kebutuhan dan keluhan masyarakat,” ungkapnya.

SP4N-LAPOR! adalah sebuah platform yang memungkinkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan terkait pelayanan publik secara online. Sistem ini memberikan akses yang mudah dan cepat bagi masyarakat untuk melaporkan berbagai permasalahan yang dihadapi, serta memantau tindak lanjut dari laporan tersebut.

“dengan adanya pelatihan SP4N-LAPOR! diharapkan dapat memperkuat sistem pengelolaan pengaduan yang sudah ada, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah kita,” harap Sukirman.

Melalui pelatihan ini, para peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola pengaduan secara profesional, mulai dari tahap penerimaan, verifikasi, tindak lanjut, hingga penyelesaian pengaduan.

Kemudian, tantangan dalam memberikan pelayanan publik yang optimal tidaklah mudah. Namun, dengan adanya sistem pengaduan yang baik dan terintegrasi, dapat lebih cepat mengidentifikasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul.

“oleh karena itu, kami mengharapkan seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, serta mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” lanjutnya.

Sebagai penutup dalam sambutan tersebut, Sukirman mengajak seluruh instansi terkait untuk bekerja sama dan bersinergi dalam mengelola pengaduan yang masuk melalui SP4N-LAPOR!.

“mari kita bangun komitmen bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan menjadikan pengaduan sebagai alat untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan.” Tutup Sukirman dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah. (AS/ProkopimAT)

X