Bangkitkan Ekonomi, ASN Pra Pensiun, Dibekali Sosialisasi Ketaspenan Dan Wirausaha Pintar

479

Takengon – “Kami menilai kegiatan sosialisasi ini sangat penting sebagai bagian dari upaya Kita untuk memberi pemahaman kepada ASN Pra Pensiun Batas Usia Pensiun (BUP) 5 Tahun pada OPD di Kabupaten Aceh Tengah maupun Bener Meriah”.

Ujar Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar ketika berkesempatan membuka secara resmi Sosialisasi Ketaspenan dan Wirausaha Pintar untuk ASN Pra Pensiun BUP 5 Tahun di lingkungan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah yang diselenggarakan di Hotel Grand Bayu Hill, pada Senin (19/09/2022).

Sosialisasi yang berlangsung atas kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah, dengan PT Taspen Cabang Lhokseumawe, serta BSI di wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah tersebut setidaknya diikuti 150 peserta yang merupakan ASN Prapensiun BUP 5 Tahun, periode Purna tugas 2022-2027, di lingkungan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Aceh Tengah dan juga Bener Meriah.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Aceh Tengah menyampaikan bahwa PT Taspen beserta PT Bank Syariah Indonesia (BSI) akan mengelola pensiun dan menyalurkan gaji kepada para pensiunan ASN, dan akan membantu menyalurkan hak-hak lainnya sekaligus akan membantu para pensiunan untuk menjalankan usaha ketika memasuki usia pensiun.

Lebih lanjut, Bupati menghimbau para ASN Pra Pensiun agar dalam menghadapi masa pensiun tidak perlu khawatir secara berlebihan.

“Bagi para ASN yang memasuki masa pensiun, harus terus optimis tidak boleh merasa cemas dan takut, tetaplah berpikir positif sebagaimana memasuki masa untuk beristirahat dan kembali ketengah Masyarakat setelah menjalankan masa baktinya hingga usia maksimum berkerja bagi jajaran Aparatur Sipil Negara”. Ujar Bupati Aceh Tengah.

“Karena apapun jabatannya Kita tentu akan sampai dimana harus rela melepasnya, apalagi siklus ini merupakan proses dari regenerasi dan siklus kehidupan yang wajar di lingkup ASN, Setiap ASN pasti akan melalui masa purna tugas, Semoga, dengan persiapan dan perencanaan yang tepat, maka semua akan berjalan dengan baik,” Ungkapnya.

Bupati Shabela berharap para ASN dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan sebagai Abdi Negara guna memasuki persiapan masa purna tugas.

“Dan besar harapan kami, bagi pensiunan ASN, agar ketika memasuki masa pensiun ini nantinya dapat tetap berkarya, mengisi waktu di masa purna baktinya, karena yang paling penting adalah bagaimana kita merencanakan untuk mengisi masa pensiun kita nanti dengan beragam kegiatan positif dan tetap berusaha produktif “. Pungkas Bupati Shabela menutup sambutan dan arahannya.

Sebelumnya, Manager BSI Area Lhokseumawe Muhammad Arif Gunawan, dalam laporannya mengatakan, bahwa merupakan komitmen serius, dari PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk memberikan pelayanan yang paripurna serta mengantar masa purna bakti kepada para pensiunan selaku senior cityzen, sekaligus bentuk ucapan terimakasih kepada para Abdi Negara yang telah menyelesaikan masa tugasnya tersebut.

Senada, Branch Manager PT Taspen Cabang Lhokseumawe Jafar Rajab, juga menyampaikan, kehadiran PT Taspen adalah untuk memudahkan pengurusan kelengkapan administrasi Ketaspenan bagi para ASN Pra Pensiun, Batas Usia Pensiun (BUP) 5 Tahun pada OPD di Kabupaten Aceh Tengah maupun Bener Meriah, yang dapat diurus dengan mudah secara online tanpa mengharuskan ASN Prapensiun mengurus langsung ke Kantor Taspen Cabang Lhokseumawe, jelasnya. (HMA/ProkopimAT)

X