Bupati Harap KKNT UGP-UTU Dapat Bantu Berantas Berita Bohong

82

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar hadiri Rapat dalam rangka koordinasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dan Magang UGP Takengon dan UTU Meulaboh Tahun 2021, bertempat di Gedung Oproom Setdakab Aceh Tengah, Rabu (27/01/21).

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah memfasilitasi gelaran Rakor pelaksanaan KKNT yang rencananya akan bekerjasama dengan masyarakat Kampung Toweren, Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, terutama dalam pengembangan Kepariwisataan dan pemanfatan kawasan Danau Lut Tawar.

Acara ini digelar mengingat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) UGP-UTU akan dilaksanakan tidak lama lagi, tepatnya pada pertengahan semester ganjil, bulan Maret 2021 yang akan datang, lapor Aliyin, S.Hut, M.P membuka Rakor yang turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Teuku Umar Meulaboh, Dr. Ir. Alfizar, Anggota Dewan dari Komisi D DPRK Aceh Tengah, Reje dan aparatur Kampung Toweren serta para Aktivis Lingkungan dan Penggiat Pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah.

“Saat ini untuk lingkup Pendidikan Tinggi Mendikbud, meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka Indonesia Jaya, dimana Mahasiswa dapat Merdeka Belajar yang menjadi gerakan baru di dunia akademik, dengan adanya keterlibatan Mahasiswa dalam penguatan SDM serta pemanfaatan SDA untuk pengembangan kawasan di perkampungan” ungkap Rektor UGP itu.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dalam arahan dan sambutanya menyampaikan apresiasinya kepada UGP serta UTU, sebagai Perguruan Tinggi yang mengarahkan dan mendampingi para Mahasiswa yang akan melaksanakan KKNT dan menjadikan Kampung Toweren sebagai tempat pelaksanaan program magang, sehingga dapat memberikan kontribusi langsung pada Masyarakat dalam pemanfaatan dan pengelolaan di kawasan Danau Lut Tawar.

“Selaku pimpinan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, kami menyambut baik pelaksanaan KKNT dan Magang Mahasiswa dari Perguruan Tinggi UGP dan UTU ini, kami juga berharap Mahasiswa yang nantinya ikut KKNT ini senantiasa menjunjung Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berpartisipasi dalam pembangunan Aceh Tengah ini” pesan Bupati Shabela.

Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menegaskan terkait kurangnya pemahaman masyarakat tentang Covid-19 membuat banyak orang mengabaikan bahaya dari Virus tersebut. Hal itu diperparah dengan meningkatnya berita bohong (hoax) yang masih bermunculan.

“Selain itu, masyarakat di kawasan Danau ini memiliki karakteristik yang berbeda, mudah sekali termakan berita bohong, jadi harapan kami sampaikan informasi yang benar pada masyarakat sekaligus membuka pola pikir masyarakat kita agar tidak mudah menerima berita Hoax terkait Covid-19 yang tersebar di masyarakat” harapnya.

Selain itu, ia juga meminta mahasiswa nantinya dapat mengedukasi masyarakat Toweren dalam mengembangkan berbagai sektor, baik perkebunan, pertanian dan pemanfaatan dan pengelolaan kawasan ekosistem Danau dengan sebaik-baiknya sebagai potensi yang menjanjikan dan dapat memberikan kesejahterakan bagi masyarakat seputaran Danau Lut Tawar.

Usai berikan sambutan, dalam kesempatan itu Bupati juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Kawasan Toweren Kabupaten Aceh Tengah, antara Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dengan pihak Universitas Gajah Putih Takengon. (HMA/Humas)