Dua Tahun Berturut, Disdukcapil Aceh Tengah Raih Predikat Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik

31

Takengon – Selama dua tahun berturut, Disdukcapil Aceh Tengah berhasil meraih predikat sebagai penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik dari Kementerian PANRB untuk tahun 2020 dan 2021.

“Kami bersyukur atas apresiasi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpan RB telah menilai pelayanan yang kami berikan selama dua tahun ini masuk dalam kategori sangat baik,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Rabu (27/04/2022).

Terdapat enam aspek evaluasi pelayanan publik yang dinilai oleh Kementerian PANRB, mulai dari aspek kebijakan pelayanan meliputi maklumat pelayanan, standar pelayanan dan survey kepuasaan masyarakat. Kemudian aspek profesionalisme SDM meliputi kompetensi, responsivitas, kredibilitas dan integritas aparatur.

Sarana dan prasarana menjadi salah satu aspek yang turut dinilai meliputi kelayakan ruang parkir, taman dan penghijauan, fasilitas ruang tuggu pelayanan, fasilitas bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, keberadaan front office dan sarana penunjang lainnya.

Aspek sistem informasi pelayanan publik seperti ketersediaan papan informasi, website, media sosial dan informasi non elektronik diantaranya spanduk, poster, leaflet, buku, dokumen serta bahan cetak lain yang mendukung pelayanan untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya aspek konsultasi dan pengaduan meliputi ketersediaan ruang konsultasi dan pengaduan offline maupun online serta Inovasi pelayanan menjadi aspek terakhir yang dinilai.

Penghargaan pelayanan publik kategori sangat baik untuk tahun 2021 yang ditandatangani oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo tertanggal 8 Maret 2022 tersebut menurut Mustafa merupakan wujud komitmen dan hasil kerja keras dari seluruh jajaran Dinas Dukcapil Aceh Tengah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Dukungan para pihak terutama Bupati Aceh Tengah, bapak Shabela Abubakar yang sangat besar, kemudian unit kerja terkait diantaranya Bagian Organisasi Setdakab Aceh Tengah dan Biro Organisasi Setdaprov Aceh sangat membantu kami dalam melengkapi berbagai aspek yang dinilai,” sebut Mustafa.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar turut mengapresiasi capaian yang telah berhasil diraih oleh Disdukcapil Aceh Tengah sebagai wujud kinerja pelayanan publik yang sudah baik.

“Kita apresiasi apa yang sudah di raih oleh Disdukcapil Aceh Tengah, selama dua tahun ini mampu melakukan pelayanan dengan sangat baik, penghargaan yang diterima adalah buah dari kerja keras, namun kami harapkan tetap fokus dalam memastikan pelayanan yang diberikan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Shabela menegaskan pelayanan kepada masyarakat tidak ada ujung dan kata akhir, sehingga setiap unit pelayanan publik harus terus beradaptasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin kompleks. (*)