Evaluasi Kinerja Layanan, DRKA Lakukan Survey Kepuasan Masyarakat di Disdukcapil aceh Tengah

32

Takengon – Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) melakukan survey kepuasan masyarakat terhadap layanan Adminduk di Kabupaten Aceh Tengah melalui Focus Group Discussion (FGD), Senin (25/04/2022) di Takengon.

Sekretaris DRKA, Muhammad Amin mengungkapkan bahwa sebelum melakukan FGD pihaknya sudah menempatkan enumerator yang bertugas untuk menghimpun indikator survey dan berbagai informasi sebagai bahan diskusi.

“Melalui berbagai media kita masih mendapati ada warga yang relatif belum puas dengan layanan Dukcapil, karena itu perlu upaya untuk mendalami lebih jauh apa yang perlu dibenahi dalam pelayanan Adminduk, khususnya di Kabupaten Kota se- Aceh,” kata Amin.

Lebih lanjut Amin menyebutkan melalui FGD yang dilakukan mendapatkan masukan tentang upaya peningkatan layanan melalui berbagai inovasi yang telah dilakukan, ketersediaan layanan khusus terhadap penduduk rentan dan dukungan pemerintah daerah terhadap layanan Adminduk serta berbagai hambatan yang selama ini dihadapi.

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal merespon upaya FGD yang dilakukan oleh DRKA sebagai suatu langkah positif untuk meningkatkan kualitas layanan Adminduk. Secara internal, Mustafa menyebutkan pihaknya rutin melakukan survey kepuasan masyarakat dengan menyebar kuisioner.

“Kita sudah lakukan, bahkan sebulan sekali data kita himpun, setiap indikator yang lemah akan segera kita tindaklanjuti,” ungkapnya.

Diantara sembilan indikator survey, Mustafa mengakui prilaku aparatur masih lemah sehingga perlu terus peningkatan kapasitas aparatur agar bisa melayani masyarakat dengan ramah dan penuh kesungguhan.

Upaya yang sudah dilakukan pihaknya untuk membenahi perilaku aparatur dengan sering berkomunikasi, memberi motivasi agar semangat melayani, bahkan secara rutin memberikan reward kepada pegawai yang berkinerja baik setiap bulan.

“Aparatur menjadi elemen penting, karena itu perlu terus fokus untuk meningkatkan kapasitas aparatur sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik,” demikian Mustafa.

Pelaksanaan FGD diikuti oleh perwakilan masing masing dari DRKA, Disdukcapil Aceh Tengah, LSM, Wartawan, OPD terkait, Akademisi, Petugas Registrasi Kampung dan Enumerator survey. (*)