Hadiri AGASID 2022, Ini Harapan Bupati Shabela

276

Banda Aceh – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar menghadiri pembukaan acara Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue 2022 (AGASID 2022) yang mengangkat tema “Advancement of Aceh Investment through Sustainable Downstream Ecosystem”, Senin (31/10/2022).

Dilangsungkan di Hotel Hermes Palace, acara yang diinisiasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh bekerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Aceh itu, dibuka oleh Pj. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Ir. Mawardi.

Kegiatan yang berlangsung secara luring dan daring ini turut dihadiri oleh Deputi Bidang Perencanaan BKPM Dr. Indra Darmawan, Unsur Pimpinan Daerah Aceh, perwakilan Bappenas, Pj. Walikota Langsa, Pj. Walikota Lhokseumawe, Wakil Bupati Pidie Jaya, Sekda Aceh Barat Daya, para Kepala DPMPTSP Kabupaten/ Kota Se-Aceh, para Kepala Bappeda Kabupaten/kota Se-Aceh, para pimpinan perbankan di Aceh, Asosiasi Pengusaha di Aceh, Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS), para pelaku usaha, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Pelaksana Harian DPMPTSP Aceh, Marzuki, SH dalam laporannya mengatakan bahwa AGASID digelar sebagai wadah untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam mengembangkan investasi berkelanjutan di Indonesia khususnya di Aceh dan sekitarnya serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi yang berwawasan pada pelestarian lingkungan bagi pembangunan Aceh.

“AGASID dirancang untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pihak baik dalam maupun luar negeri untuk berpartisipasi dalam pembahasan pembangunan dan investasi di Aceh, khususnya di Kabupaten/Kota, sehingga diharapkan acara pada hari ini dapat memberi manfaat bagi kita semua dan kita dapat meningkatkan kualitas investasi di daerah kita”, jelas Marzuki.

Sementara itu secara terpisah, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar mengatakan Kabupaten Aceh Tengah dengan potensi sumber daya alam melimpah akan sangat disayangkan bila tidak termanfaatkan dengan baik.

Ia mengakui untuk mendukung potensi yang dimiliki, pihak Pemkab Aceh Tengah hingga kini terus melakukan promosi-promosi potensi daerah guna menarik investor.

Untuk itu, AGASID 2022 ini diharapkannya mampu memberikan manfaat bagi kepentingan bersama.

“Kami berharap dengan adanya dialog investasi yang dilakukan pada hari ini akan melahirkan kerjasama dalam investasi yang menguntungkan seluruh pihak terkait, baik investor, pemerintah daerah maupun masyarakat”, jelas Shabela.

Pembukaan acara AGASID 2022, turut dirangkai dengan ajang penganugerahan penghargaan kepada seluruh DPMPTSP se-Aceh terkait hal perizinan dan pelayanan investasi.

Untuk Aceh Tengah, berhasil memperoleh penghargaan Terbaik IV kategori Penyusun Proposal Investasi Kabupaten/Kota Se-Aceh yang diraih oleh Peternakan Sapi Ketapang.(KS/ProkopimAT)

X