Idul Adha di Aceh Tengah, Bupati Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

803

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam rangkaian pelaksanaan ibadah Idul Adha 1441 Hijriyah di Kabupaten berhawa sejuk tersebut.

“Tahun ini kita diuji Allah dengan wabah Covid-19, yang turut mempengaruhi aspek ibadah, sehingga perlu mempedomani protokol kesehatan, baik dalam penyelenggaraan ibadah Shalat Ied maupun saat penyembelihan dan pembagian daging kurban” kata Shabela.

Selain itu dalam sambutannya dihadapan jamaah Shalat Idul Adha yang memadati Masjid Agung Ruhama Takengon, Jumat (31/07), Shabela juga mengajak segenap komponen masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian dan berpartisipasi aktif mencegah penularan Covid 19 di Aceh Tengah.

“Berdasarkan laporan Juru Bicara Gugus Tugas, hingga saat ini warga Aceh Tengah yang positif Covid-19 ada tiga orang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Datu Beru dan satu orang anggota TNI di rawat di Banda Aceh” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya ada lima orang tenaga kesehatan yang bekerja di Kabupaten tetangga, namun merupakan warga Aceh Tengah, antara lain warga Kampung Bebesen dan Kemili Kecamatan Bebesen, Kuteni Reje Kecamatan Lut Tawar, Tawardi Kecamatan Kute Panang dan Jamat Kecamatan Linge.

“Kami mengimbau masyarakat jangan panik, namun tingkatkan kewaspadaan dan disiplin pribadi dengan mencuci tangan memakai sabun, memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan” ajaknya.

Tidak lupa, Shabela menyampaikan apresiasi kepada segenap petugas dan relawan yang bertugas hingga saat ini.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh petugas lapangan, relawan dan seluruh pihak yang telah bekerja keras hingga saat ini dalam mencegah penyebaran Covid 19 di Aceh Tengah, Minal Aidin Wal Faizin, mohon Maaf Lahir dan Batin” tutupnya.

Dari pantauan, pelaksanaan Shalat Idul Adha di mesjid Ruhama Takengon, berjalan tertib dan mempedomani protokol kesehatan, dengan pengaturan jarak, pemakaian masker dan penggunaan sajadah pribadi.

Turut hadir Wakil Bupati H. Firdaus, SKM, Kapolres AKBP. Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.IK, Ketua MPU Tgk. M. Isa Umar, serta sejumlah kepala OPD Aceh Tengah dan yang bertindak sebagai Khatib Shalat Ied, Tgk. Muhadir, MA dari IAIN Takengon dan Imam Tgk. Al Hairy, MA. (SN/Humas)