Kampung Kuteni Reje Wakili Aceh Tengah Dalam Perlombaan Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2024

56

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, menghadiri Penilaian Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2024 dengan tema ‘Stabilitas Politik, Sosial, dan Ekonomi Mewujudkan Desa/ Kelurahan Berdayasaing Menuju Indonesia Emas’, bertempat di Kantor Reje Kampung Kuteni Reje Kecamatan Lut Tawar, Jum’at (07/06/2024).

kegiatan Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh dilaksanakan rutin setiap tahunnya, dan berjenjang mulai dari evaluasi diri desa, lomba desa tingkat kecamatan, lomba desa tingkat kabupaten, lomba desa tingkat provinsi kemudian diikut sertakan ditingkat regional.

Dalam sambutannya Mirzuan menyampaikan, Kabupaten Aceh Tengah telah melaksanakan seleksi lomba kampung tingkat kabupaten dari 14 kecamatan yang ada, sebanyak 7 (tujuh) kampung dari 7 kecamatan telah mengikuti kegiatan ini.

“alhamdulillah Kampung Kutinereje Kecamatan Lut Tawar terpilih dan ditetapkan juara satu lomba kampung tahun 2024 tingkat Kabupaten Aceh Tengah dan masuk ketahap klarifikasi lapangan mewakili Aceh Tengah ke tingkat provinsi,” ungkap Mirzaun.

Kampung Kutenireje telah memenuhi beberapa indikator penilaian secara umum yaitu aspek pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Serta apabila menang di tingkat provinsi akan mewakili Aceh dalam lomba gampong tingkat nasional.

Mirzuan melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengharapkan, inovasi yang dimunculkan di Kampung Kutenireje, dapat menjadi nilai jual yang tinggi dalam rangka untuk membantu pemerintah kampung mempercepat pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat lebih baik kedepannya.

Mengakhiri sambutannya Mirzuan menyampaikan, melalui kegiatan Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2024, dapat melahirkan kampung-kampung yang berprestasi dan memiliki komitmen tinggi untuk membangun daerahnya lebih baik lagi.

”mari kita rangkul kebersamaan dan semangat persatuan dalam menjalani setiap momen dalam kegiatan Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh tahun 2024 ini,” sambungnya.

”mari kita bersaing dengan inovasi serta menjunjung tinggi nilai-nilai terdapat dalam pancasila seperti nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan diterapkan dalam kehidupan masyarakat desa.” tutup Mirzuan.
Sebelumnya, dalam sambutan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Aceh yang diwakili oleh Syahyadi, S.Pi, M.Si, menyampaikan, Lomba Gampong yang dimaksud untuk memberi motivasi dan menggali potensi-potensi yang ada di Gampong untuk dapat dikembangkan sebagai modal dalam mencapai kesejahteraan masyrakat.

Ia melanjutkan, Pemerintah Aceh akan memberi penghargaan dan hadiah kepada masing-amasing Gampong yang berhasil meraih juara lomba gampong tahun 2024, yaitu Juara I memperoleh Rp. 50.000.000; Juara II memperoleh Rp. 40.000.000; Juara III memperoleh Rp. 30.000.000; Juara Harapan I memperoleh Rp. 15.000.000; dan Juara Harapan II memperoleh Rp. 10.000.000.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Ketua TP-PKK Novita Mirzuan, Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong DPMG Aceh Syahyadi, S.Pi, M.Si beserta seluruh jajarannya., Kadis DPMK Aceh Tengah Latief Rusdi, Camat Lut Tawar Hardi Selisih Mara, Reje Kampung Kuteni Reje M. Yusuf, dan Masyarakat Desa Kampung Kutenireje Kecamatan Lut Tawar. (AS/ProkopimAT)

X