Kenakan Kerawang Gayo, Bupati Shabela Ikuti Upacara 1 Juni Secara Virtual

221

Takengon – Tampak mengenakan busana daerah berwarna kuning dengan motif Kerawang Gayo sebagai salah satu  intangible culture atau Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh UNESCO PBB sejak tahun 2015 yang lalu, Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Gedung Ummi Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati Aceh Tengah, Rabu Pagi (01/06/2022).

Didampingi jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Bupati Shabela mengikuti secara daring, dengan khidmat seluruh rangkaian puncak upacara hingga usai di laksanakan.

Sesuai amanat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, dalam surat undangan perihal Undangan Peringatan Hari Lahir Pancasila, Nomor 619/PK/05/2022/BPIP, tertanggal 21 Mei 2022 silam.

Untuk Upacara puncak sendiri bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo yang berlangsung di Lapangan Pancasila, Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini, yang mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” juga tampak diikuti secara langsung dan virtual oleh para menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga Negara hingga Pimpinan Kepala Daerah, baik Gubernur/Bupati dan juga Wali Kota dari seluruh Indonesia.

Dalam amanatnya, Presiden yang mengenakan pakaian adat Ende mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebab, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan semua anak bangsa tapi juga penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila. Tapi saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita,” Ungkap Presiden RI.

Presiden Jokowi meminta agar seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas serta para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan dan contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Seluruh masyarakat juga harus bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” pungkas Presiden seraya melanjutkan peninjauan ke Taman Renungan Bung Karno yang masih berada di kawasan Lapangan Pancasila Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.

Walau tidak dapat hadir langsung, Puncak peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga dapat disaksikan oleh masing-masing instansi Pemerintah Pusat dan Daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, melalui Zoom dan Youtube Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

“Untuk OPD dan instansi lainnya baik vertikal maupun BUMN atau lembaga yang ada di daerah itu melaksanakan peringatan hari pancasila melalui kanal youtube BPIP, jadi seluruhnya memang diarahkan untuk memeriahkan hari lahir Pancasila itu di tempat masing – masing,” Ungkap Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Tengah, Salman Nuri, M Ec Dev. Usai mengikuti upacara secara virtual.

Terkait dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kabag Prokopim Aceh Tengah mengungkapkan bahwa seiring dengan globalisasi, juga perkembangan teknologi, nilai-nilai Pancasila seakan mulai berkurang dan meredup, untuk itu perlu usaha untuk kembali membangkitkan nya sebagai landasan dasar Negara Republik Indonesia.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila ini kiranya dapat menumbuhkan semangat kita, semangat kebangsaan, serta kecintaan kita kepada Pancasila yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita,” Ungkap Salman Kabag Prokopim Aceh Tengah.

Secara terpisah Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, mengucapkan Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

“Mari jadikan momentum ini untuk mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila dan menerapkan kerukunan serta toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Ayo Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” Ucap Shabela Abubakar Bupati Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X