Ketua TP-PKK Tinjau Pelaksanaan Pelayanan KB Serentak “Sejuta Akseptor”

53

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Tengah, laksanakan pelayanan KB Serentak “Sejuta Akseptor” dalam rangka hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-28 tahun 2021.

Ketua TP-PKK Aceh Tengah, Puan Ratna didampingi, Arslan Abd. Wahab Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tengah, Harun Manzola selaku Plt. Kadis Kesehatan, serta Alam Suhada Kadis KBP3A Aceh Tengah, meninjau langsung pelaksanaan pelayanan KB serentak Sejuta Akseptor tersebut, Kamis (24/06/2021).

Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna, tampak antusias melihat langsung pelayanan Paskes di beberapa tempat yang dikunjunginya.

“Hari ini kami bekesempatan mengunjungi langsung pelayanan paskes di beberapa tempat, diantaranya di Puskesmas Lut Tawar, Puskesmas Bebesen, Puskesmas Pegasing, Puskesmas Bies dan Pelayanan yang diberikan oleh Bidan Sukini salah satu Bidan desa di Kampung Paya Tumpi”, ujar Puan Ratna.

“Kegiatan ini telah berjalan baik, kami tinjau langsung, dimana kesadaran akseptor telah tinggi untuk mengatur jarak kelahiran, dan mereka sepertinya lebih berminat menggunakan alat kontrasepsi MKJP, atau mengatur kelahiran jangka panjang” terangnya lebih lanjut.

Sementara saat meninjau kegiatan itu, Kadis KBP3A Aceh Tengah Alam Suhada menerangkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelayanan KB Sejuta Akseptor ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Perayaan Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia, termasuk juga untuk Kabupaten Aceh Tengah.

Selanjutnya dijelaskan untuk Aceh Tengah sendiri, kegiatan ini mengangkat tema “Keluarga Keren Cegah Stunting”, dan dilaksanakan di seluruh Fasilitas Kesehatan, baik di Puskesmas, Klinik, Praktek Bidan, maupun di Rumah Sakit yang sudah terdaftar pada Dinas KBP3A Aceh Tengah.

“Tujuannya yaitu sebagai upaya mencegah putus pakainya pemakaian alat kontrasepsi di masa pandemi Covid-19,” terang Kadis KBP3A.

Lebih lanjut dijelaskan, secara Nasional pada hari ini, Kamis 24 Juni 2021 ditargetkan untuk dapat melayani Sejuta Akseptor KB yang mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sementara untuk Aceh Tengah diberikan target 800 akseptor, dan telah dilayani sebanyak lebih kurang 500 Akseptor Adapun Pelayanan KB yang dilakukan adalah pelayanan KB Pasang Baru, Pasang Ulang maupun Ganti Cara Alat Kontrasepsi. Adapun Pilihan alat kontrasepsi : IUD, Implant, Suntik, Pil, Kondom, Tubektomi (MOW) dan Vasektomi (MOP).

Untuk tercapai target tersebut Dinas KBP3A bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia atau IBI khusus wilayah Aceh Tengah.

Sementara calon akseptor akan mendapat pelayanan di Fasilitas Kesehatan yang terdekat di wilayah tempat tinggalnya dan akan diarahkan oleh PLKB/Kader KB di wilayah masing-masing.

Dengan Gerakan Cegah Putus Pakai Alat Kontrasepsi Akseptor tetap ber KB dan tetap terlayani dengan baik dalam masa Pandemi Covid-19 tidak terjadi lonjakan angka kehamilan dan angka kelahiran, sehingga pertumbuhan penduduk akan tetap terjaga. (HMA/Humas)