Kunjungan Kerja Kabupaten Pidie Jaya Membahas Kerjasama Komoditi Pangan dan Pertanian

80

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan M. Thamrin Elashri Mohd. Ali, SE, M.A.P, menerima kunjungan kerja dari Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya Bahron Bakti, S.T,. M.T beserta jajarannya, bertempat di Ruang Kerja Wakil Bupati Aceh Tengah, Selasa (07/05/2024).

Kunjungan kerja tersebut, membahas mengenai kerja sama antara Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Pidie Jaya terkait perdagangan komoditi pangan dan pertanian yang berlaku selama 3 (tiga) tahun terhitung 2022-2025.

Tujuan dari kesepakatan antara daerah ialah untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan daerah serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat dengan kerjasama antar daerah dalam perdagangan komoditi pangan dan pertanian di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Pidie Jaya.

Dalam pertemuan ini, membahas mengenai upaya strategis dalam memperkuat sektor pangan dan pertanian di kedua Kabupaten, dengan terus meningkatkan kerjasama yang sudah berlangsung dari 2022 lalu.

“kerja sama antar daerah sangat penting dalam mengoptimalkan potensi komoditi pangan dan pertanian yang dimiliki oleh masing-masing daerah, dengan sinergi yang kuat, kita dapat meningkatkan produksi dan distribusi pangan secara efektif,” Ujar Thamrin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya, menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya untuk mendukung upaya-upaya bersama dalam memperkuat sektor perdagangan komoditi pangan.

“Kabupaten Pidie Jaya memiliki potensi yang besar dalam produksi pangan, dan kami siap untuk berkolaborasi dengan daerah lain guna meningkatkan akses pasar dan memperluas jangkauan distribusi,” ujarnya.

Kerja sama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi para petani dan pelaku usaha di sektor pertanian di kedua kabupaten. Dengan saling mengoptimalkan sumber daya dan memanfaatkan potensi yang ada, diharapkan tercipta sinergi yang berkelanjutan dalam upaya memperkuat ketahanan pangan di wilayah Aceh.

Perlu diketahui, Aceh Tengah dan Kabupaten Pidie Jaya merupakan dua wilayah yang kaya akan komoditi pangan seperti padi, jagung, kopi, dan hasil pertanian lainnya. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani serta pelaku usaha di sektor pangan. (AS/ProkopimAT)

X