Kunjungi Korban Kebakaran Kampung Kemili, Pj. Bupati T. Mirzuan Serahkan Bantuan Kepada Korban

278

Takengon – Pasca musibah kebakaran yang menimpa 25 unit rumah warga di tepatnya pada hari Jumat 31 maret 2024 sekitar pukul 17.00 Wib di Dusun Datu Kemili, Kampung Kemili Kecamatan Bebesen, beberapa hari yang lalu, Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT serahkan bantuan kepada korban.

Pada kesempatan itu juga ikut mendampingi Bupati, Kalak BPBD Ir. Andalika, ST, Kapala Dinas Sosial Drs. Ishak, Kepala dinas Perkim Mauiza Uswa, ST, MT dan Camat Bebesen Hermansyah, S.STP.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada 25 kepala keluarga dengan bantuan masa panik berasal dari buffer stok sosial dan bantuan uang duka dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Sementara itu, Pj. Bupati T. Mirzuan menyampaikan kembali rasa duka yang mendalam atas musibah yang menimpa korban. “Duka masyarakat korban kebakaran merupakan duka pemerintah daerah juga, kami berharap kepada keluarga yang ditimpa musibah sabar dan tabah menerima cobaan ini,” ungkapnya.

T. Mirzuan juga menyampaikan permohonan maaf karena baru bisa berkunjung ke lokasi kebakaran secara langsung. “Kepada korban Saya mohon maaf baru bisa berkunjung hari ini, karena ada tugas di luar daerah yang sudah terjadwal sebelum kejadian musibah ini terjadi,” jawabnya saat awak media bertanya perihal terlambatnya Pj. Bupati mengunjungi korban, Minggu (02/03/2023).

Selain itu, T. Mirzuan juga memerintahkan Kepala Dinas Perkim Aceh Tengah untuk menata kembali lingkungan perumahan pemukiman masyarakat. “Kami berharap bapak Kepala Dinas Perkim dan camat bermusyawarah untuk mendesain dan menata ulang kembali lingkungan perumahan permukiman masyarakat dusun Datu Kemili agar lebih baik”, ujar Pj. Bupati.

“untuk Dinas Kesehatan dan Pendidikan berkoordinasi dalam pemulihan psikologi mental anak-anak korban kebakaran, semoga dapat menghilangkan trauma pada anak”, tambahnya.

Sementara, Camat Bebesen Hermansyah, S.STP ditemui dilokasi pengungsian sementara mengatakan, “atas nama masyarakat Kampung Kemili saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Pj. Bupati, ini merupakan support dan bentuk dukungan serta perhatian langsung pimpinan daerah untuk masyarakat yang sedang dalam keadaan duka, apalagi masih dalam suasana bulan rahmadhan”, ungkapnya.

Hermansyah menambahkan, dalam menghadapi bulan puasa dan hari raya idul fitri, aspirasi dan permohonan masyarakat yang disampaikan kepada Pj. Bupati, mohon menjadi pertimbangan dan tindaklanjuti karena posko pengungsian bersifat sementara.

“alhamdulillah setelah berdiskusi dengan Pj. Bupati nantinya posko kemungkinan akan diperpanjang sebelum mencari alternatif lain menghadapi hari raya idul fitri untuk tempat tinggal sementara para korban kebakaran”, tambahnya.

Pj. Bupati menyerahkan bantuan masa panik buffer stok sosial dan uang duka dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah kepada 25 kk korban kebakaran, setelahnya T. Mirzuan juga melaksanakan buka bersama dengan para korban di lokasi pengungsian. (RH/ProkopimAT)

X