Kunjungi SDIT Cendikia, TP PKK Beri Edukasi Lingkungan dan Pendidikan Kehormatan

208

Takengon – Sambangi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Cendikia Takengon Aceh Tengah, Tim Pengerak PKK Kabupaten Aceh Tengah berikan Sosialisasi dan Edukasi terkait Pemilahan Sampah dan Penggunaan Sampah Plastik serta Pendidikan Kehormatan.

Kehadiran Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah, Ny. Novita Mirzuan, sekaligus selaku Bunda PAUD Aceh Tengah, yang tampak didampingi Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tengah Ummu Hanik, serta rombongan Anggota TP PKK, disambut meriah oleh ratusan siswa-siswi SD IT Cendikia Takengon yang beralamat di Jln. Pertamina, Kebet Dusun Pediwi Kampung Kebet, Bebesen, Aceh Tengah, Rabu (30/08/2023).

Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Tengah dalam kesempatan tersebut menghimbau agar tetap menjaga kebersihan sekolah dan kantin sekolah serta mengurangi penggunaan tempat plastik dan mengurangi sampah plastik di lingkungan Sekolah Dasar Swasta yang telah berdiri sejak tahun 2012 itu.

“Sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan. Sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena sifatnya yang sulit terdekomposisi, sehingga sangat berbahaya bagi makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya”, Ulas Pj. Ketua TP PKK, Novita.

Lebihlanjut, diharapkan dapat dengan menjaga lingkungan dapat meningkatkan mutu pendidikan di setiap sekolah dan menjaga kelestarian lingkungan serta menjaga kebersihan sekolah sehingga dapat meningkatkan semangat belajar dan mengajar di sekolah yang memiliki visi membentuk siswa yang shaleh, cerdas, terampil, cinta ilmu dan berakhlak mulia.

Dalam kesempatan yang sama, Turut hadir psikolog, Harmala, S.Psi selaku anggota Pokja TP PKK Aceh Tengah, yang juga memberikan pemahaman terkait Pendidikan Kehormatan bagi para siswa-siswi yang semangat berinteraksi di Aula serbaguna SD IT Cendekia.

Pendidikan kehormatan merupakan proses edukasi dan internalisasi nilai-nilai Islam dilandasi akhlak mulia pada diri peserta didik atau remaja agar memahami tugas perkembangan hidup dan peran sosial dengan baik, sehingga dapat menjaga kehormatan diri dan integritas moralnya kapanpun dan di manapun berada nanti nya.

Selain memberikan Sosialisasi dan Edukasi terkait Pemilahan Sampah dan Penggunaan Sampah Plastik serta Pendidikan Kehormatan, pada kunjungan ini Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah, Ny. Novita Mirzuan dan Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tengah Ummu Hanik, turut melakukan penanaman pohon sebagai pelindung dan upaya reboisasi di lingkungan Sekolah.

Juga kembali mengingatkan untuk terus menggunakan botol minum isi ulang milik pribadi atau Tumbler, sebagai bentuk komitmen bersama untuk mengurangi dampak sampah plastik dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus menggunakan botol minum Tumbler, pada seluruh lini aktivitas keseharian yang dijalani. (HMA/ProkopimAT)

X