Melalui Vidcon, Bupati Shabela Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2021

92

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, menghadiri acara Video Conferensi (Vidcon) bersama Presiden Republik Indonesia dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju pada acara Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2021, dari Gedung Ummi Pendopo, Jum’at (24/07).

Peringatan yang ditujukan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi bangsa, pada tahun ini mengangkat Tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan Tagline #AnakPedulidiMasaPandemi.

Berbagai ucapan, pesan, serta harapan pun disampaikan perwakilan anak se-Indonesia dan para tokoh bangsa/ pejabat negara seperti Mantan Presiden RI Ke-5 Megawati Soekarno Putri, Menkum dan HAM Yasonna Laoli, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga dalam laporannya menyampaikan bahwa, Tema dan Tagline HAN tahun 2021 itu sengaja diambil karena tantangan yang sangat besar dihadapi anak-anak Indonesia pada tahun ini.

“Tema ini sengaja diambil karena tantangan yang sangat besar dihadapi anak-anak Indonesia pada tahun ini, yang selama pandemi Covid-19 termasuk kelompok yang sangat terdampak,” lapor Bintang.

Menurutnya selama pandemi ini para anak mengalami berbagai persoalan, mulai dari pengasuhan bagi anak yang orangtuanya positif Covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta meningkatnya kasus kekerasan selama pandemi sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo dalam paparannya turut menyampaikan pesan kepada anak-anak Indonesia agar tetap semangat meskipun masih berada dalam situasi pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memahami dan ikut merasakan apa yang dirasakan anak-anak Indonesia selama satu tahun terakhir yang harus dirumah saja. Kondisi ini tentunya membuat anak-anak rindu kembali berkumpul, bermain dan belajar dengan teman diluar rumah.

“Kondisi ini bukanlah keinginan pemerintah. Hal ini harus kita lakukan untuk keselamatan kita semua, terutama bagi anak-anak Indonesia dari penularan virus corona,” kata Jokowi.

Sementara itu, Bupati Shabela yang dikonfirmasi usai acara, turut menyampaikan ucapan selamat Hari Anak Nasional kepada seluruh anak Indonesia, dan mendorong anak-anak Indonesia terutama yang berada diwilayah kepemimpinannya, untuk tetap optimis dan semangat dalam meraih cita-cita sekalipun saat ini masih berada dalam situasi pandemi.

Dia menitipkan pesan agar anak-anak tetap melakukan berbagai kegiatan yang positif serta disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, Bupati Shabela juga mengingatkan orangtua dan para anggota keluarga untuk senantiasa hadir menyemangati dan ikut mendampingi perkembangan anak. Tujuannya untuk menciptakan rasa ceria anak selama beraktifitas dirumah.

“Dimasa pandemi ini, butuh kerjasama antara orangtua dan seluruh anggota keluarga, agar semangat belajar dan keceriaan anak-anak tetap dapat terjaga.” Tutup Shabela yang diamini sang istri, Puan Ratna. (IMH/ProkopimAT)