Mirzuan Membuka Kongres Nasional II Asosiasi Klinik Indonesia

163

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, membuka secara resmi Kongres Nasional II Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN), yang berlangsung di Lut Tawar Grand Ballroom, Parkside Gayo Petro Hotel, Kamis (15/06/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut, ketua umum pengurus pusat ASKLIN, Ketua ASKLIN wilayah Aceh, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Ketua BKKBN Provinsi Aceh, ketua organisasi profesi se-Aceh, Ketua Dekan Kedokteran Unsyiah, Ketua IDI Aceh, Para unsur pimpinan daerah Kabupaten Aceh Tengah, Para kepala perangkat daerah Kabupaten Aceh Tengah, seluruh pimpinan ASKLIN se-Indonesia

Penjabat Bupati Aceh Tengah dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang kepada seluruh pimpinan pusat maupun daerah ASKLIN se-Indonesia, dan terima kasih telah memilih Kabupaten Aceh Tengah sebagai tuan rumah dari acara Kongres Nasional ini.

Dengan adanya kehadiran ASKLIN di Kabupaten Aceh Tengah, diharapkan dapat membantu pemerintah maupun masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan tingkat pertama, agar mencapai pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat.

Mengenai hal tersebut, Mirzuan menyatakan klinik tidak hanya berperan dalam proses perawatan pasien semata, namun kehadiran klinik turut menjadi mitra pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan suatu daerah khususnya Aceh.

“melalui ASKLIN diharapkan, mampu untuk terus meningkatkan kapasitas diri dan organisasi, serta memperkuat peran dan fungsinya dalam transformasi sistem kesehatan yang lebih baik di masa yang akan datang,” jelas Mirzuan.

Sesuai dengan tema yang usungkan yaitu ‘peran ASKLIN dalam era transformasi industri wisata medis’, hadirnya revolusi industri 4.0 menawarkan beragam perubahan dan kemajuan termasuk pada bidang teknologi kesehatan.

“dengan keadaan ini kita dituntut untuk dapat menguasai teknologi, tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, memperluas aksesibilitas, dan mengurangi disparitas dalam kesehatan antar wilayah,” jelas Mirzuan.

Transformasi sistem kesehatan diharapkan mampu merubah sistem kesehatan yang sudah ada agar dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Mengakhiri sambutannya, Mirzuan menyampaikan, dengan diadakannya kegiatan Kongres Nasional II ASKLIN selama beberapa hari kedepan, dapat memberikan dampak yang lebih baik kedepannya di bidang kesehatan.

Dengan meningkatkan peran strategis dalam membangun kemandirian, dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi bangsa Indonesia.

“semoga kedepannya ASKLIN akan selalu dapat bersinergi dengan menunjukan peran dalam memberikan upaya pelayanan terbaik, dengan dukungan transformasi sistem kesehatan dapat semakin memajukan sistem pelayanan kesehatan kita,” tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X