Partisipasi Dinas Dukcapil dalam Gerakan 10 Juta Bendera

38

Takengon – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Aceh Tengah turut berpartisipasi dalam Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang dicanangkan secara nasional. Sejumlah bendera telah diserahkan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Tengah untuk dibagikan kepada masyarakat.

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal menyatakan bahwa penyerahan bendera merupakan bentuk dukungan Dinas Dukcapil terhadap gerakan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan masyarakat.

“Dinas Dukcapil Aceh Tengah sangat mendukung gerakan ini. Dengan membagikan bendera Merah Putih, kami berharap masyarakat dapat lebih mengenang perjuangan para pahlawan dan menumbuhkan rasa nasionalisme yang kuat,” ujar Mustafa, Minggu (09/06/2024).

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih sendiri merupakan inisiatif pemerintah pusat yang bertujuan untuk memperkuat rasa kebanggaan dan kesatuan nasional di seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Kesbangpol Aceh Tengah, Sarwa Jalami mengapresiasi dukungan dari Dinas Dukcapil. Ia menyatakan bahwa bendera yang telah terkumpul nantinya akan segera dibagikan kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan yang melibatkan banyak pihak, termasuk organisasi masyarakat dan lembaga pendidikan.

“Terima kasih kepada Dinas Dukcapil Aceh Tengah atas partisipasinya dalam gerakan ini. Bendera Merah Putih adalah simbol kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia, dan kami memastikan bendera akan kita bagikan hingga ke pelosok kampung,” kata Sarwa.

Distribusi bendera akan dilakukan dengan melibatkan camat dan kepala kampung di seluruh wilayah Aceh Tengah. Bendera Merah Putih tersebut diharapkan dapat dikibarkan di setiap rumah dan tempat umum, menambah semarak perayaan kemerdekaan di daerah penghasil kopi arabika tersebut.

Masyarakat Aceh Tengah menyambut baik gerakan ini. Banyak yang merasa bangga dapat mengibarkan bendera Merah Putih di rumah mereka. “Ini adalah cara sederhana tapi bermakna untuk menunjukkan kecintaan kita pada Indonesia,” ujar seorang warga.

Dengan partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Program ini bukan hanya sekadar membagikan bendera, tetapi juga menanamkan nilai-nilai patriotisme yang mendalam di hati setiap warga negara. (*)

X