Pelatihan Peningkatan Kapasitas Ekonomi Nelayan, Pj. Bupati Aceh Tengah : Berkomitmen Untuk Memperhatikan Kesejahteraan Nelayan

175

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, menghadiri pembukaan kegiatan program pengembangan pelatihan peningkatan kapasitas ekonomi nelayan melalui pengelolaan hasil tangkap, di Aula Kantor Camat Lut Tawar, Kamis (25/05/2023).

Melalui program pengembangan pelatihan tersebut, dilakukan bagi para nelayan yang terdampak proyek pembangunan PLTA Peusangan 1 & 2 di Kampung Asir – Asir dan Kampung Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar.

Dalam sambutannya Mirzuan menyampaikan, rasa apresiasi dan bangga melihat antusiasme dan komitmen para nelayan, dalam memperkuat sektor perikanan di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

“perikanan memiliki peran yang tinggi dalam perekonomian kita, terutama bagi komunitas nelayan yang menjadi tulang punggung dalam sektor ini,” ucap Mirzuan.

“dalam upaya peningkatan kapasitas ekonomi nelayan, pelatihan ini ialah langkah awal yang sangat penting. melalui pelatihan ini juga, kita dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan kita dalam pengelolaan hasil tangkap, hal ini akan membantu kita dalam meningkatkan kualitas produk perikanan, memperoleh nilai tambah, dan memperluas jaringan pemasaran,” lanjutnya.

Mirzuan menambahkan, pembangunan proyek PLTA 1 & 2 merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pasokan energi di Kabupaten Aceh Tengah, namun pihaknya juga menyadari pembangunan ini dapat memberikan dampak kepada nelayan.

“oleh karena itu, kami selaku pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah, akan selalu berkomitmen untuk memperhatikan kepentingan dan kesejahteraan nelayan yang terdampak,” jelas Mirzuan.

“mengenai pembagian Corporate Social Responsibility (CSR) diberikan kepada nelayan yang terdampak, adalah salah satu upaya konkret yang kita lakukan untuk mendukung kesejahteraan nelayan,”

Menutup sambutannya, Mirzuan mengharapkan, kepada seluruh peserta pengembangan pelatihan peningkatan kapasitas ekonomi nelayan, untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

“jadikan pelatihan ini sebagai momentum menghadapi perubahan dan tantangan di sektor perikanan, mari kita jalin kerjasama yang erat antara nelayan, pemerintah, dan pihak terkait lainnya untuk mencapai tujuan bersama, dan semoga pelatihan ini dapat sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan ekonomi nelayan di daerah kita” tutup Mirzuan dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut juga, Mirzuan menyerahkan secara simbolis CSR kepada nelayan, yang dibutuhkan dalam meningkatkan kapasitas ekonomi nelayan dan memperoleh peralatan infrastruktur yang diperlukan, seperti perahu, perlengkapan penangkapan ikan, dan alat maupun bahan yang menunjang produktivitas nelayan senilai Rp. 370.000.000,00.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Camat Lut Tawar beserta jajarannya, Para unsur pimpinan Kecamatan Lut Tawar, Manager PLN ULP Takengon, Reje Kampung Asir – Asir dan Reje Kampung Hakim Bale Bujang, serta Kelompok Nelayan Lut Tawar. (AS/ProkopimAT)

X