BKKBN Aceh Gelar Penguatan Dapur Sehat Atasi Stunting Di Kabupaten Aceh Tengah

276

Takengon – Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh bersama Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Aceh Tengah, untuk mewujudkan Penyelenggaraan DASHAT di Kampung KB selenggarakan Penguatan Penyelenggaraan di Kampung Keluarga Berkualitas dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Aceh Tengah.

Tampak hadir Pj. Ketua TP PKK Aceh Tengah, Novita Mirzuan beserta Anggota TP PKK Aceh Tengah mengikuti Penguatan Penyelenggaraan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung Keluarga Berkualitas dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting dengan tema “Menyiapkan Menu Sehat, Enak, Murah dan Bergizi” yang berlangsung di Aula Kantor Camat Kebanyakan, pada Kamis (25/05/2023).

Kegiatan yang digelar dalam rangka percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Aceh Tengah ini merupakan sebagai salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas Program Bangga Kencana secara utuh di lini lapangan adalah Kampung Keluarga Berkualitas.

Dengan fokus pembahasan terkait, Optimalisasi 1000 HPK dalam rangka percepatan penurunan stunting, Dapur Sehat Atasi Stunting di kampung KB, Panduan Gizi seimbang berbasis pangan lokal dan Konsep Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA), dan juga Pengolahan makanan Bergizi Berbasis Pangan Lokal.

Pj. Ketua TP PKK Aceh Tengah, Novita Mirzuan dalam kesempatan tersebut dalam arahanya menyampaikan, TP PKK Aceh Tengah mendukung sepenuhnya digelarnya kegiatan ini, utamanya dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Aceh Tengah.

“Apalagi kegiatan ini sejalan dengan fungsi dari salah satu pokja di TP PKK, yaitu pokja tiga, dengan upaya perbaikan gizi seperti melalui edukasi dan perbaikan konsumsi pangan ibu hamil, menyusui dan balita dari berbagai pangan yang tersedia, bergizi dan terjangkau dengan cita rasa yang sesuai dengan selera”, Ujar Novita Mirzuan.

“Aceh Tengah ini kaya akan sumber daya pangan, yang selanjutnya dapat diproduksi, diperjualbelikan dan dimanfaatkan sebagai menu sehat, enak, murah dan bergizi, yang lebih dikenal sebagai pangan lokal yang dapat dimanfaatkan untuk upaya mendorong percepatan penurunan angka stunting”, Ungkap Pj. Ketua TP PKK Aceh Tengah yang tampak di dampingi Razali,SE. sekaku ketua Pokja Dashat BKKBN Aceh dan Drs. Alam Syuhada,S.H.,M.M. Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Tengah.

Untuk diketahui, Kampung Keluarga Berkualitas merupakan salah satu bentuk atau model miniatur pelaksanaan total Program Bangga Kencana secara utuh yang melibatkan seluruh Bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan Kementrian dan juga Lembaga, Mitra Kerja, stakeholder instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan ditingkatkan pemerintahan terendah (sesuai prasyarat penentuan lokasi kampung Keluarga berkualitas) di kabupaten dan kota se Indonesia. (HMA/ProkopimAT)

X