Pengendalian Inflasi di Aceh Tengah, Pj. Bupati Kunjungi Kampung Depet Indah

82

Takengon – Dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah, Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT panen Jagung Varietas Paragon dan panen Kentang Varietas Granola hasil tanaman Kelompok Tani Kasih Sayang dan Tuah Bahgie di Kampung Depet Indah Kecamatan Celala, Rabu (01/05).

Pada kegiatan panen Jagung dan Kentang tersebut Pj. Bupati Aceh Tengah didampingi oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan M. Thamrin Elashri Mohd. Ali, Kepala Dinas Pertanian Nasrun Liwanza, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Marwandi Munthe dan Camat Celala Yusri Johan.

Setelah melakukan panen Jagung dan panen Kentang, Pj. Bupati bersama rombongan juga berkesempatan melakukan peninjauan tanaman Tembakau di seputaran lokasi tersebut.

Pada kesempatan itu, Reje Kampung Depet Indah M. Ali mengucapkan terimakasih kepada Pj. Bupati Aceh Tengah atas perhatiannya kepada kelompok tani yang ada di wilayah Kampungnya.

“Semoga perhatian dari Bapak Pj. Bupati akan menjadi penyemangat para petani dalam memajukan pertanian untuk mensejahterakan masyarakat” kata M. Ali.

Kemudian M. Ali juga mengatakan sektor tanaman Jagung memiliki luas 15 Hektare, Tanaman Kentang kurang lebih 10 Hektare dan tanaman Tembakau memiliki lahan seluas 20 Hektare akan tetapi lokasinya terpencar dan juga mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah agar mudah melakukan pemasaran dikemudian hari setelah panen.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Aceh Tengah mengatakan bahwasannya untuk Tembakau sudah ada Usaha Pengolahan Tembakau dan Kretek.

“Untuk saat ini, di Kabupaten Aceh Tengah sendiri sudah memiliki pabrik Usaha Dagang untuk pengolahan Tembakau dan Kretek, akan tetapi pada hal ini yang paling diutamakan adalah kesehatan dan berhubung para Petani menginginkan pertumbuhan ekonominya bisa meningkat tetap harus kita dukung bersama” sebut Mirzuan.

Kemudian Pj. Bupati Aceh Tengah menyampaikan bahwa kehadiran dalam kegiatan panen ini adalah sebuah kebanggaan bagi dirinya, karena bisa memberikan semangat kepada para Petani.

“Dengan panen komoditi Jagung dan Kentang ini dapat menambah kesejahteraan keluarga dan juga mengendalikan Inflasi di Daerah dan semoga komoditi Tembakau yang tadi kita tinjau juga semakin maju dan meningkat hasil panennya” tambah Mirzuan.

Untuk komoditi Jagung, dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sudah memberikan bantuan mesin Pemipil atau perontok Jagung kepada para Kelompok Tani yang ada di Kampung tersebut. (DPM/ProkopimAT)

X