Pj. Bupati Aceh Tengah, Ikuti Rapat Kerja Pengendalian Inflasi Bersama Pj. Gubernur

295

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT mengikuti kegiatan Rapat Kerja Bupati / Walikota se-Aceh dengan agenda pembahasan Penanganan Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Pengembangan Investasi yang diikuti secara virtual di Command Center Setdakab Aceh Tengah, Jum’at (17/03/2023).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Sekretatis Daerah, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, dan Sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Rapat Kerja Bupati/ Walikota se-Aceh kali ini, langsung dipimpin oleh Sekeretaris Jendral Kemendagri Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, Pj. Gubernur Aceh, Ketua MPU Aceh, serta Seluruh Bupati/ Walikota Provinsi Aceh.

Dalam rapat virtual tersebut, dipaparkan mengenai beberapa hal diantaranya seperti, pengembangan pariwisata Aceh, upaya mendorong ekspor Aceh, dan pembangunan ekonomi kreatif agar dapat membangun perekonomian Aceh.

Mengingat, Kabupaten Aceh Tengah merupakan daerah pariwisata yang memiliki berbagai macam wisata alam, kuliner, dan budaya. Untuk itu Pj. Bupati dalam arahannya menyampaikan untuk terus melakukan peningkatan dan inovasi pada sektor pariwisata.

“Kita akan terus berupaya dalam meningkatkan dan melakukan inovasi pada wisata – wisata di Aceh Tengah, sebagai salah satu wujud untuk meningkatkaan pendapatan daerah dan mengurangi pengangguran.” Jelas Mirzuan.

Selain itu, dalam rangka penurunan angka inflasi dapat dilakukan berbagai upaya, seperti dengan peningkatan ekspor keluar Aceh. Kabupaten Aceh Tengah ialah salah satu wilayah pertanian yang menguntungkan dalam melakukan pengembangan produk hortikultura untuk mendorong kegiatan ekspor.

Kemudian Pj. Bupati juga menyampaikan bahwa, sudah adanya Trigana Air Cargo di Bandara Udara Rembele merupakan suatu inovasi baru untuk melakukan ekspor komoditas ke luar Aceh, dengan mengirim hasil bumi Dataran Tanoh Gayo.

“Alhamdulillah, saat ini masyarakat kita sudah lebih mudah lagi dalam melakukan pendistribusian hasil komoditas, dengan menggunakan Trigana Air Kargo, ini merupakan suatu bentuk untuk mendorong kegiatan ekspor ke luar Aceh.” Ujar Mirzuan.

Kemudian, dengan adanya arahan dari Presiden RI Joko Widodo agar pemerintah Daerag berfokus pada ekspor, investasi, dan pemerataan ekonomi. Oleh karena itu, Pj. Bupati Mirzuan berharap, untuk dapat peningkatan ekspor, mendorong ekonomi daerah, dan mensejahterakan masyarakat.

“Saya berharap dalam melakukan peningkatan ekspor, pengendalian inflasi, peningkatan pariwisata, harus dilakukan secara bersama – sama dengan melibatkan para SKPK terkait, untuk dapat kendalikan inflasi dan ketimpangan sosial.” Tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X