Pj. Bupati Aceh Tengah Pimpim Upacara Peringatan Hari KORPRI Ke-52 Tahun 2023

109

Takengon – Memperingati Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Ke-52 Pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Tengah, mengelar Upacara Peringatan Hari KORPRI Ke-52 Tahun 2023, yang berlangsung di Halaman Setdakab Aceh Tengah, Rabu pagi (29/11/2023).

Penjabat Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan, MT, memimpin upacara tersebut sebagai inspektur upacara. Ia membacakan sambutan dari Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH.

Dalam sambutan tersebut, Dewan Pengurus KORPRI Nasional mengucapkan, selamat hari ulang tahun kepada anggota KORPRI yang ke-52 tahun 2023.

“selamat ulang tahun kepada para anggota KORPRI dimanapun saudara-saudara bertugas baik yang di Indonesia maupun di Perwakilan RI di luar negeri, momentum ulang tahun ke 52, marilah kita jadikan sebagai upaya untuk meneguhkan KORPRI sebagai Penguat NKRI dan Pelindung ASN,” ucap Mirzuan.

“saya juga menyampaikan terima kasih kepada KORPRI dan seluruh ASN atas semua program yang bermanfaat ke masyarakat luas, semua program tersebut tentunya tidak akan terlaksana dengan baik tanpa kerja-kerja yang optimal dari seluruh ASN,” tambahnya.

Kemudian, Mirzuan melanjutkan, agar para pengurus KORPRI dapat menerapkan sistem meritokrasi dalam birokrasi yang pada saat ini system tersebut sudah banyak diterapkan di negara maju.

“saya minta para pengurus KORPRI untuk menerapkan meritokrasi dalam birokrasi, hal ini sangat penting agar birokrasi Indonesia menjadi semakin baik, meritokrasi harus berbasis pada kompetensi, kualifikasi dan kinerja yang diberlakukan secara adil, wajar, transparan dan tanpa diskriminasi,” jelasnya.

“saya berharap sistem meritokrasi ini segera terwujud dan memudahkan pengembangan karir ASN dalam satu Kementerian, Kabupaten, Provinsi, atau pindah Kementerian, pindah kabupaten maupun pindah Provinsi,” lanjut Mirzuan.

Tujuan menerapkan meritokrasi yaitu; Merekrut ASN secara professional; Mengembangkan kompetensi ASN; Kepastian karir ASN; Perlindungan karir ASN; Pengelolaan ASN yang efektif dan efisien; dan Penghargaan untuk Memotivasi ASN.

Selanjutnya, dengan akan dilaksanakannya Pemilu presiden dan Pilkada tahun 2024, dua event besar ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan netralitas KORPRI, hal ini merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia yang harus disukseskan bersama-sama.

“saya percaya bahwa KORPRI sebagai organisasi yang sudah berkali-kali menghadapi Pilpres dan Pilkada sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara, Pancasila dan UUD 1945,” lanjutnya.

“saya mengingatkan kembali tentang netralitas dimaksud karena orientasi KORPRI tetap tidak berubah yaitu untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI,” kata Mirzuan.

Menutup sambutan tersebut, mirzuan menyampaikan program utama KORPRI yaitu mencakup peningkatan kualitas pelayanan publik, digitalisasi birokrasi, penguatan ideologi ASN, perlindungan karir, bantuan hukum, dan peningkatan kesejahteraan.

“untuk itu, saya mengajak pengurus KORPRI agar turut berperanserta secara aktif dalam menangani masalah inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, anak tidak sekolah, dan perkawinan anak-anak, akhirnya saya ucapkan selamat bertugas, pengabdian dan hasil kerja kita, seluruh jajaran KORPRI selalu dinantikan oleh masyarakat, bangsa dan negara.” tutup Mirzuan dalam sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional. (AS/ProkopimAT)

X