Pj. Bupati Pantau Pelaksanaan Bazar Pangan Murah Di Aceh Tengah

228

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pangan, menggelar Bazar Pangan Kampung 2023 sebagai upaya membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau saat menghadapi bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Dipastikan, 76 kampung di 14 Kecamatan yang masuk dalam lokus Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) di Kabupaten Aceh Tengah, mendapatkan kuota pangan murah yang digelar dalam rangka menanggapi inflasi dan penanggulangan kemiskinan tersebut.

Sebagaimana hari ini, Selasa (04/04/2023) terlihat ratusan warga di Kampung Kemili Kecamatan Bebesen berbondong-bondong datang ke halaman Kantor Reje Kemili untuk menebus paket sembako dalam bazar pangan murah kerjasama Pemkab Aceh Tengah dengan Perum Bulog KCP Takengon ini.

Penjabat Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan yang hadir memantau langsung pelaksanaannya, menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya bazar pangan murah ini adalah sebagai upaya dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam rangka menjaga stabilitas ketersediaan pangan dan mengendalikan harga pangan dipasar.

“Bazar ini merupakan bagian upaya Pemkab Aceh Tengah untuk membantu masyarakat mendapatkan barang kebutuhan selama Ramadhan dan menjelang Lebaran dengan harga yang lebih terjangkau atau lebih murah dari harga pasaran,” ujar T. Mirzuan usai menyerahkan paket sembako secara simbolis.

Selain itu, Mirzuan juga menyebutkan tujuan lain dari diselenggarakannya bazar ini diantaranya adalah dalam rangka mendukung program pemulihan nasional dan pengendalian inflasi. Karenanya, dia berharap melalui program bazar pangan murah dapat meringankan masyarakat.

“Semoga kegiatan bazar pangan murah yang kita laksanakan hari ini dapat meringankan masyarakat.” Tutup Mirzuan.

Selama penyelenggaran bazar pangan murah ini, harga sembako yang dapat ditebus masyarakat sebesar Rp. 260.000,- per paket yang terdiri dari beras premium 15 Kg seharga Rp. 163.000,-/ sak, gula pasir 2 kg Rp. 20.000,-, minyak goreng 2 liter Rp. 35.000,- dan telur ayam seharga Rp. 42.000,-/ papan.

Adapun dalam pelaksanaannya, bazar dilakukan di 76 kampung dalam Kabupaten Aceh Tengah, masing-masing Kecamatan Bebesen 10 kampung, Kute Panang 8 Kampung, Rusip Antara 6 Kampung, Pegasing 12 Kampung dan Kecamatan Celala 8 Kampung.

Selanjutnya Kecamatan Linge 5 Kampung, Ketol 4 Kampung, Lut Tawar 4 Kampung, Atu Lintang 4 Kampung, Kebayakan 6 Kampung, Jagong Jeget 3 Kampung, Bintang 2 Kampung, Silih Nara 2 Kampung, serta Bies 1 Kampung.

Amatan Tim Media Humas Prokopim Aceh Tengah, sebanyak 6.460 sak beras, 18.240 Kg gula pasir, 10.640 papan telur ayam, dan 9.120 liter minyak goreng disediakan selama pekan bazar pangan murah ini berlangsung. (IMH/ProkopimAT)

X