Raker Pemkab Aceh Tamiang Di Takengon, Bupati Shabela Menjadi Narasumber

269

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Kerja (Raker) Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang dilangsungkan di Hotel Grand Renggali Takengon, Sabtu (06/11).

Dalam paparan berdurasi 30 menit yang disampaikannya, Bupati Shabela bercerita tentang pengalamannya bersama jajaran dan elemen terkait di Daerah, dalam menjalankan pembangunan pariwisata dan pengembangan produk unggul di Kabupaten Aceh Tengah beberapa tahun terakhir.

Dihadapan para birokrat Kabupaten Aceh Tamiang itu, Bupati Shabela menjelaskan berbagai potensi pariwisata yang dimiliki Daerah ini serta strategi berikut program kegiatan yang dilakukan dalam mendukung pengembangan kawasan pariwisata terutama di seputaran Danau Lut Tawar selaku destinasi wisata unggulan bagi Kabupaten Aceh Tengah.

Disebutkannya, setidaknya ada tiga strategi yang terus dilakukan Pemkab Aceh Tengah dalam menggenjot sektor pariwisata di Daerah ini; seperti peningkatan promosi dan citra pariwisata, stimulus pembiayaan dan kemudahan mendirikan usaha pariwisata, serta mengupayakan pengembangan kawasan wisata melalui Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU).

“Jadi citra yang kita angkat adalah pariwisata ramah muslim juga ramah anak, kita beri kemudahan perizinan dan bebas retribusi sehingga objek-objek wisata juga homestay berkembang luar biasa di Daerah ini,” sebut Shabela.

“Untuk pengembangan kawasan pariwisata, kami sedang membangun komunikasi dengan beberapa pihak melalui skema KPBU, yang dalam hal ini akan kita garap untuk pengembangan kawasan pantai barat Danau Lut Tawar,” sambungnya.

Terkait dengan pengembangan produk unggulan Daerah, Shabela juga menyampaikan konsep yang saat ini dijalankan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah. Namun sebutnya lebih lanjut, inti pengembangan produk unggulan yang saat ini dilakukan, keseluruhannya haruslah mengarah kepada menghadirkan produk jadi, dan tersaji dalam kemasan kontemporer atau kekinian.

“Jadi komoditi ataupun produk-produk unggulan yang dihasilkan masyarakat kita, keseluruhannya akan kita arahkan untuk dipasarkan dalam bentuk produk jadi atau minimal setengah jadi serta harus kekinian dan inovatif,” kata Shabela.

Raker yang dilakukan untuk pertama kalinya di luar Kabupaten Aceh Tamiang tersebut, dipimpin langsung oleh Bupati Mursil dan Wakil
Bupati Tengku Insyafuddin dengan menghadirkan Sekda, para Asisten dan seluruh Kepala SKPK berikut Camat dijajaran pemerintah kabupaten berjuluk Bumi Muda Sedia itu.

“Selamat melaksanakan Raker di Takengon, Semoga Anda mendapat kesan dan membawa kenangan indah sepulang dari Aceh Tengah.” Tutup Bupati Shabela Abubakar. (IMH/ProkopimAT)

X