Serah Terima Aset Kepada Basarnas Unit Siaga SAR Takengon, Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Dalam Operasi Penyelamatan

71

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan M. Thamrin Elashri Mohd. Ali, SE, M.A.P, menghadiri
Serah Terima Aset dari Pemkab Aceh Tengah kepada Basarnas Unit Siaga SAR Takengon.

Serah terima aset yaitu berupa tanah dan bangunan yang di peruntukkan kepada Unit Siaga SAR Takengon, bertempat di Dermaga Toweren Kecamatan Lut Tawar, Sabtu (29/06/2024).

Dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Basarnas atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam upaya penyelamatan dan pertolongan di wilayah Aceh Tengah.

“Kita semua menyadari betapa pentingnya peran SAR dalam menjaga keselamatan dan memberikan pertolongan kepada masyarakat, terutama dalam situasi darurat dan bencana,” ujar Thamrin.

Ia melanjutkan serah terima aset ini merupakan upaya penanganan bencana dan situasi darurat lainnya. Dengan adanya dukungan aset ini, diharapkan Basarnas dapat semakin optimal dalam menjalankan tugasnya.

Aset yang diserahkan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Unit Siaga SAR Takengon dalam melaksanakan berbagai operasi penyelamatan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah juga berharap agar kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Basarnas dapat terus terjalin dengan baik dan semakin erat.

“Sinergi antara pemerintah daerah dan Basarnas sangat penting dalam memastikan kesiapsiagaan dan respons cepat terhadap berbagai situasi darurat,” ungkapnya.

“Untuk itu, kami siap untuk terus mendukung dan berkolaborasi dengan Basarnas dalam berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan masyarakat,” lanjut Thamrin.

Menutup sambutan tersebut, Thamrin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas terlaksananya serah terima aset ini.

“Tidak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kontribusi dalam serah terima aset ini,” ucapnya.

“Mari kita bekerja sama dengan penuh semangat dan dedikasi untuk mewujudkan Aceh Tengah yang lebih aman, tanggap, dan siap menghadapi berbagai tantangan.” tutup Thamrin dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah.

Sebelumnya, dalam Sambutan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain, S. Si menyampaikan, Badan Nasioanal Pencarian dan Pertolongan memiliki 43 Kantor SAR, 77 Pos SAR, dan 82 Unit Siaga SAR yang tersebar di seluruh NKRI, salah satunya Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Takengon.

“Harapannya, Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Takengon ini dapat membantu meningkatkan dan mempercepat response time pada saat terjadinya suatu kecelakaan,” jelas Ibnu Harris Al Hussain.

Ia melanjutkan, acara serah terima aset dari Pemkab Aceh Tengah yang diperuntukkan bagi Unit Siaga SAR Takengon merupakan wujud terpenuhinya sarana dan prasarana Badan Nasioanal Pencarian dan Pertolongan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Aceh Tengah.

“Akhir kata kami ucapkan terima kasih kepada Kabupaten Aceh Tengah yang telah memberikan hibah aset berupa tanah dan bangunan yang di peruntukkan kepada Unit Siaga SAR Takengon.” tutupnya. (AS/ProkopimAT)

X