Wakili Pj. Bupati Aceh Tengah, Harun Manzola Buka Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten

25

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Harun Manzola, SE, MM memembuka acara Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (06/06) bertempat di Gedung Oproom Setdakab Aceh Tengah.

Dalam sambutannya, Harun mengatakan berkat kerja keras dan kerja keras semua pihak Kabupaten Aceh Tengah berhasil menurunkan angka stunting sebesar 8,4%.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kerja cerdas kita semua, Kabupaten Aceh Tengah telah berhasil menurunkan Stunting sebesar 8,4% dari angka 32% pada tahun 2022 menjadi 23,6% pada tahun 2023 berdasarkan hasil penilaian Kementerian Kesehatan” kata Harun.

Lebih lanjut Harun mengharapkan melalui Rembuk Stunting Tahun ini untuk terus semangat mengentaskan Stunting di Kabupaten Aceh Tengah terus berlanjut dan semakin baik kinerjanya.

“Pada Rembuk Stunting kali ini, kami harapkan seluruh pemangku kepentingan dapat untuk menyatukan langkah dan komitmen serta memiliki data sasaran program yang sinkron, valid dan terupdate mulai dari level Kampung, Kecamatan, Puskesmas dan Kabupaten” harap Harun Manzola.

Kemudian Harun Manzola menjelaskan ada lima langkah konkrit pencegahan Stunting pertama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten menyusunlangkah konkrit setiap triwulan.

Kedua, para Camat mengoptimalkan peran TPPS Kecamatan dan berkoordinasi dengan TPPS Kabupaten.

Ketiga, Kapus melakukan pemantauan kinerja Posyandu dan pembinaan Kader Kampung serta menjalin Komunikasi intens dengan TPPS Kecamatan.

Keempat, para Reje mengoptimalkan TPPS Kampung dan Perencanaan Anggaran Stunting dan berkoordinasi dengan TPPS Kecamatan.

Dan yang terakhir adalah para Reje mengoptimalkan peran kader-kader yang ada di Kampung untuk memastikan kehadiran target sasaran di Posyandu dalam rangka memudahkan proses penimbangan, pengukuran dan penyampaian edukasi maupun intervensi.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Forkopimda Aceh Tengah, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Setdakab Aceh Tengah , Satgas PPS Aceh Tengah, Koordinator KB, Kapus dan Para Reje Kampung Lokus Stunting.

Dan yang menjadi Narasumber adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung dan Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kabupaten Aceh Tengah.

Diakhir kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama pelaksanaan percepatan pencegahan dan penanganan Stunting terintegrasidi Kabupaten Aceh Tengah. (DPM/ProkopimAT)

X