Antusias Bupati Shabela Larut Dalam Perayaan Puncak HDI Tingkat Kabupaten

387

Takengon – Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diperingati pada tanggal 3 Desember di tiap tahunnya, bertujuan untuk menghilangkan stigma dan memberi dukungan atas hak-hak meningkatkan martabat dan kesejahteraan yang diberikan kepada penyandang disabilitas.

Semarak kemeriahan perayaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 tidak hanya dilaksanakan ditingkat pusat saja, tetapi sampai ditingkat Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota bahkan hingga ke komunitas penyandang disabilitas di seluruh pelosok Indonesia.

Demikian, dengan Pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah, Gelar Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2021 tingkat Kabupaten, dengan Tema “Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19”.

Dihadiri langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar yang tampak didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Aulia Putra, S.STP, M.Si, dalam acara Puncak Peringatan HDI yang berlangsung penuh hikmat, bertempat di Gedung Oproom Setdakab Aceh Tengah, Jum’at (03/12/21).

“Melalui tema Hari Disabilitas Internasional 2021 tahun ini, diharapkan masyarakat tetap meningkatkan kesadaran tentang disabilitas, menghilangkan stigma negatif terhadap penyandang disabilitas dan memberikan dukungan terhadap kesetaraan hak bagi penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupannya”, ujar Bupati Aceh Tengah membuka sambutannya.

Lebih lanjut disampaikan, oleh karenanya penting bagi kita untuk memastikan bahwa Negara memberikan perhatian setara untuk beragam kondisi disabilitas yang ada di sekitar kita.

“Pemerintah Daerah terutama melalui Dinas Sosial akan terus berupaya meningkatkan kepedulian dalam mewujudkan pelayanan kemandirian dan kesejahteraan bagi para penyandang Disabilitas di Kabupaten Aceh Tengah,” imbuh Bupati Shabela.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga memberikan ucapan selamat memperingati HDI 2021 dan mengajak semua pihak untuk meningkatkan perhatian dan kepedulian serta menghimbau agar dapat bekerja keras dan bekerjasama dalam upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak atas penyandang disabilitas.

Rangkaian kegiatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2021 diharapkan menjadi momentum perayaan bagi semua warga Masyarakat akan keberagaman manusia dan kesetaraan.

Masih dalam agenda kegiatan yang sama, Bupati Aceh Tengah juga berkesempatan menyerahkan bingkisan kepada para disabilitas berprestasi yang berada dibawah binaan Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah.

Sebelum meninggalkan tempat tersebut Bupati juga tampak antusias menyaksikan beberapa penampilan dan persembahan dari talenta berbakat penyandang disabilitas, diantaranya persembahan lagu dan Puisi oleh para pemenang lomba di tingkat Kabupaten bahkan Provinsi. (HMA/ProkopimAT)

X