Apel Bersama Persiapan Pengamanan TPS, Mirzuan : Jaga Ketertiban Dan Keamanan Demi Keberhasilan Pemilu

113

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT hadiri Apel Bersama Persiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Aceh Tengah, di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Jum’at (09/02/2024).

Dalam sambutan Kepala Kepolisian Resor Aceh Tengah Dody Indra Eka Putra, S.I.K., M.H, menyampaikan, apel bersama pada hari ini ialah bentuk pengecekan akhir dari kesiapan personel dalam melaksanakan tugas pengamanan TPS pada tanggal 14 Februari 2024.

“apel bersama dilakukan untuk pengecekan akhir pengamanan TPS pada 14 Februari 2024, sehingga Pemilihan Umum di Kabupaten Aceh Tengah diharapkan dapat terselanggara dengan aman dan lancar,” ujar Dody Indra Eka Putra.

Ia melanjutkan, Kabupaten Aceh Tengah terdiri dari 14 Kecamatan 295 Desa, yang terdiri dari 657 TPS dengan kategori kurang rawan 564 TPS, Rawan 90 TPS, Sangat Rawan 2 TPS, TPS Sus 1 di Lapas.

Serta nantinya akan diamankan oleh 1.312 Orang Petugas Linmas dan 2 Orang Petugas Pengamanan Lapas di 1 TPS Sus, 359 Personel Polri, Pamatwil kecamatan 14 Personel dengan
tambahan personel BKO Polda Aceh sebanyak 80 Personel dan 1 SST BKO Brimob Polda Aceh.

Pihaknya, terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayah pengamanannya masing-masing dan menyelesaikan potensi konflik hingga ke akar masalah.

“apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu stabilitas kamtibmas di TPS, maka laporkan secara berjenjang hingga ke pimpinan guna pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas,” tegas Dody Indra Eka Putra.

“saya ucapkan terima kasih dan selamat
bertugas kepada seluruh personel yang terlibat, mari bersama-sama kita amankan Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Tengah.” tutupnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Aceh Tengah saat ditemui menyampaikan beberapa penekanan dalam persiapan pengamanan menjelang pesta demokrasi yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan.

Untuk itu, Mirzuan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kelancaran dalan pelaksanaan Pemilu.

“TPS merupakan titik utama dalam proses demokrasi ini, dan karenanya perlu mendapatkan perhatian khusus dalam hal pengamanan,” katanya.

“selain itu, tidak lupa kami ingatkan untuk menjaga kerukunan dan persatuan antarwarga, jangan sampai ada konflik yang menyebabkan kegaduhan atau keributan di masyarakat,” lanjut Mirzuan.

Ia juga, mengajak seluruh komponen masyarakat, baik itu pemuda, ibu-ibu, hingga tokoh agama dan seluruh lapisan masyarakat, untuk turut serta dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pemilu berlangsung.

“mari kita menjaga ketertiban dan keamanan, karena keberhasilan Pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan aparat keamanan, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat,” tambah Mirzuan.

“kita jadikan Pemilu ini sebagai bentuk kontribusi kita untuk membangun bangsa yang lebih baik, dengan menunaikan hak pilih secara bijak, kita berpartisipasi dalam membentuk masa depan Bangsa Indonesia.” tutupnya.

Apel Bersama Persiapan Pengamanan TPS tersebut diikuti oleh, Para Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Kepala Kemenag Kabupaten Aceh Tengah, Ketua Komisioner KIP Kab. Aceh Tengah, Ketua Panwaslih Kab. Aceh Tengah, Para Danramil Se Kabupaten Aceh Tengah, Kepala RRI Takengon, Ketua PWI Kab. Aceh Tengah, BKM Ruhama Kab. Aceh Tengah, Segenap unsur Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Para Pejabat TNI, Polri, dan Instansi lainnya, serta Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh
Masyarakat. (AS/ProkopimAT)

X