Berkinerja Baik Selama Triwulan Pertama 2022, Sejumlah ASN Disdukcapil Aceh Tengah Terima Penghargaan

27

Takengon – Pemberian penghargaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkinerja baik sudah menjadi tradisi dilingkungan Disdukcapil Aceh Tengah, setiap bulan dipilih tiga pegawai untuk mendapat apresiasi.

“Pemilihan pegawai berkinerja baik kali ini dilakukan secara bersamaan selama triwulan pertama 2022, namun tetap di bagi per bulan,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, (28/04/2022).

Setiap bulan ditetapkan 3 pegawai terbaik, untuk bulan Januari berturut diraih oleh Intan, Sastera dan Raidani. Kemudian bulan Februari diraih oleh Khairani, Dedi Mahardika dan Darmila. Selanjutnya bulan Maret diraih oleh Andi, Tawardin dan Sri.

Menurut Mustafa pemberian penghargaan merupakan wujud komitmen pihaknya sebagai upaya mewujudkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan aparatur punya peran penting untuk memastikan pelayanan dapat berjalan dengan baik.

“Pegawai yang terpilih diharapkan dapat mempertahankan kinerja dan memberi teladan bagi pegawai yang lain,” ujar Mustafa.

Disiplin adalah indikator utama dari setiap pemilihan Pegawai terbaik setiap bulan, selain itu kemampuan bekerjasama, sikap, prilaku serta kinerja harian yang ditunjukkan oleh pegawai tersebut. Setiap pegawai yang sudah terpilih dapat dipilih kembali di bulan berikutnya jika dinilai tetap berkinerja baik.

Setelah pemberian penghargaan kali ini yang dilakukan secara kolektif selama tiga bulan, berikutnya menurut Mustafa akan dilakukan kembali perbulan hingga akhir tahun nanti.

Selain pemberian penghargaan, Disdukcapil Aceh Tengah juga memberlakukan pemberian sanksi kepada pegawai yang berkinerja lemah, dengan demikian kinerja intansi yang melayani administrasi kependudukan tersebut dapat berjalan optimal.

“Mekanisme reward and punisment yang kita terapkan selama ini sangat efektif untuk memberi motivasi bagi pegawai dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan yang kami berikan,” demikian Mustafa. (*)