Bunda PAUD Aceh Tengah Gandeng Kemenag Pantau Pola Tumbuh Kembang Tingkat RA dan MIN

72

Takengon – Bunda PAUD Aceh Tengah Ny. Novita Mirzuan, Tengah mengajak seluruh pihak berkolaborasi memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak usia dini agar dapat tumbuh dengan cerdas, sehat dan berakhlak mulia.

Hal tersebut disampaikanya saat berkesempatan mengunjungi Raudhatul Athfal (RA) Ceding Ayu dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Takengon, yang terletak di Kampung Simpang Empat, Kecamatan Bebesen, Takengon, Aceh Tengah, Selasa (11/06/2024) Pagi.

“Pada kesempatan baik ini, Saya menyampaikan pesan untuk kita semua, bersama berkolaborasi untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak-anak kita tercinta ini”, Ujarnya.

“Pemenuhan hak-hak utama, melindungi serta mendidik mereka supaya dimasa mendatang anak-anak kita dapat tumbuh dengan baik, penuh prestasi serta berakhlak mulia,” Ungkap Bunda PAUD Aceh Tengah.

Bukan hanya itu, Bunda Novita yang juga berdiskusi dengan kepala sekolah dan segenap dewan guru kembali menekankan agar proses belajar mengajar disesuaikan dengan perkembangan anak usia dini.

Bunda PAUD Aceh Tengah yang tampak didampingi Ketua Pokja Bunda PAUD beserta pengurus, Bunda PAUD Kecamatan Bebesen, Bunda PAUD Kampung Simpang Empat, Ibu Kankemenag Aceh Tengah serta Kasi Pendidikan Kankemenag Aceh Tengah.

Juga menganjurkan agar sekolah bekerjasama dengan Posyandu dan Puskesmas terdekat untuk memantau perkembangan setiap anak didik baik di tingkat RA maupun MIN yang terletak berdampingan dalam satu lingkungan tersebut.

Serta kembali menegaskan tentang implementasi gerakan transisi dari RA ke MI yang menyenangkan. Dengan tiga target perubahan dalam gerakan transisi ini yaitu, Menghapus Calistung (Membaca Menulis Berhitung) sebagai syarat di terima pada tingkat MI, Menerapkan masa pengenalan lingkungan Sekolah selama dua minggu awal pendidikan kelas rendah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Takengon, Alhuda Bensu. M.Pd, yang ditemui menyampaikan, selama ini telah dilaksanakan upaya sosialisasi di lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan iklim yang baik dari lingkungan sekolah utamanya untuk memberikan rasa nyaman bagi siswa kelas rendah.

“Pola pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dengan enam pola perkembangan, seperti agama dan moral, Fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial serta emosional dan seni sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia.”, Demikian terangnya. (HMA/ProkopimAT)

X