Bupati Shabela Lantik Mukim Gedum Malik Kecamatan Jagong Jeget

274

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar menghimbau kepada Mukim Gedum Malik, Kecamatan Jagong Jeget untuk dapat berperan sebagai pemersatu, bersama Camat dan Reje harus punya sikap yang tepat dalam menghadapi dinamika Masyarakat yang semakin berkembang.

Himbauan tersebut disampaikan Bupati Aceh Tengah, saat melantik Islahuddin sebagai Mukim Gedum Malik, Kecamatan Jagong Jeget, Kamis, (11/11/21) di Gedung Serba Guna Kampung Jeget Ayu, Kecamatan Jagong Jeget.

Selanjutnya disampaikan, selaku Pimpinan Daerah kami mengharapkan, agar sistem Pemerintahan mulai dari level terendah berjalan dengan efektif, jika pun ada potensi masalah agar dapat segera diantisipasi, jangan sampai membesar dan meluas, harap Bupati Shabela.

“Jangan sampai masalah yang bisa ditangani di tingkat Kampung mencuat keatas, Mukim harus bisa menjadi penengah, begitu juga dengan Camat di samping menjalankan tugas administrasi pemerintahan juga harus berperan sebagai Pemimpin yang dapat mengendalikan kondisi sosial Masyarakat,” tegasnya lebih lanjut.

Terkait tugas utama Mukim, disampaikan Bupati bahwa berdasarkan Qanun Aceh Tengah Nomor 5 Tahun 2011 adalah melakukan pembinaan terhadap Masyarakat; Melaksanakan kegiatan Adat Istiadat; menyelesaikan sengketa; membantu peningkatan pelaksanaan Syariat Islam; membantu penyelenggaraan Pemerintah dan membantu pelaksanaan pembangunan.

“Dan untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab tersebut Mukim berkoordinasi dengan semua elemen Masyarakat yang ada dalam Kampung, baik itu Reje, Petue Adat maupun Imam Mesjid maupun Imam Kampung,” imbuhnya.

Bupati juga meminta kepada Mukim yang dilantik untuk tidak hanya sebagai simbol, tapi benar-benar menjadi sosok teladan dalam meningkatkan semangat beragama, mampu memperkuat Adat Istiadat dan menjadi perekat hubungan sosial dalam Masyarakat.

“Jadi kami harapkan saudara Islahuddin dalam bekerja jangan keluar dari batas tugas yang telah ditetapkan oleh Qanun tersebut. Akan tetapi sebaliknya lebih meningkatkan peran dalam melayani Masyarakat”, katanya lagi.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati Aceh Tengah meminta kepada Mukim yang dilantik untuk senantiasa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

“Kepada Mukim beserta para Reje dan dihimbau keikutsertaan dari Masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan, hidupkan semangat gotong royong, apalagi saat ini musim penghujan, kemungkinan untuk terjadi bencana alam seperti Tanah Longsor dan Banjir Bandang diperkirakan akan meningkat,” demikian Pungkas Bupati Shabela.

Tampak turut hadir dalam pelantikan Mukim tersebut, Kepala DPMK, Kadis Pertanian, Kalak BPBD, Kadis Perkim, Camat Jagong Jeget beserta para unsur Forkopimcam Kecamatan Jagong Jeget. (HMA/ProkopimAT)

X