Evaluasi Mingguan Dukcapil Bahas Pengaturan Petugas dan Progres Target Layanan

17

Takengon – Pejabat dilingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Aceh Tengah mengadakan rapat evaluasi mingguan yang membahas pengaturan petugas dan progres target layanan, Senin (10/06/2024). Rapat tersebut dihadiri oleh kepala bidang dan pejabat setingkat kepala seksi, serta dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal.

Dalam rapat evaluasi ini, Mustafa menekankan pentingnya pengaturan petugas dan efektivitas fungsi personil dalam menjalankan tugas sehari-hari. “Pengaturan petugas yang baik akan memastikan bahwa setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat berjalan lancar dan efektif,” katanya.

Para jajaran pimpinan Dukcapil juga diharapkan untuk selalu fokus terhadap capaian target pelayanan di tengah-tengah pelaksanaan tugas harian di kantor. “Kita harus mampu mengimbangi antara tugas rutin harian dan pencapaian target layanan. Ini penting agar tidak ada target yang terlewatkan,” tegasnya.

Dalam rapat tersebut, setiap kepala bidang dan kepala seksi diberikan kesempatan untuk melaporkan progres target layanan masing-masing. Mereka juga membahas kendala-kendala yang dihadapi dalam mencapai target tersebut dan mencari solusi bersama untuk mengatasinya.

Salah satu isu yang dibahas adalah pentingnya peningkatan koordinasi antar bagian dalam pengaturan personil untuk mempercepat proses layanan. “Dengan koordinasi yang baik dan pengaturan personil yang tepat, kita dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kepada masyarakat,” tambah Mustafa.

Rapat evaluasi ini juga menyoroti pentingnya pelatihan dan pengembangan kompetensi petugas. “Kita harus memastikan bahwa setiap petugas memiliki kemampuan yang memadai untuk melaksanakan tugasnya. Pelatihan dan pengembangan kompetensi adalah kunci untuk mencapai hal ini,” jelas Mustafa.

Para pejabat yang hadir menyambut baik arahan dari Kadis Dukcapil dan berkomitmen untuk meningkatkan kinerja mereka. Mereka sepakat untuk lebih proaktif dalam mengejar target layanan dan terus melakukan perbaikan dalam pengaturan tugas dan fungsi personil.

Selain itu, Mustafa juga mengingatkan pentingnya menjaga semangat kerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Semangat kerja yang tinggi dan dedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik adalah hal yang tidak boleh kita abaikan. Masyarakat bergantung pada layanan kita, dan kita harus memastikan mereka mendapatkan yang terbaik,” pungkasnya.

Dengan evaluasi mingguan yang rutin dilaksanakan, diharapkan Dinas Dukcapil Aceh Tengah dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan mencapai target yang telah ditetapkan. Rapat ini menjadi momen penting untuk refleksi dan perbaikan terus-menerus dalam menjalankan tugas dan memberikan layanan kepada masyarakat. (*)

X