Masyarakat Antusias Sambut Gerakan Pangan Murah Digelar di Kecamatan Bebesen

44

Takengon – Ratusan masyarakat Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, antusias menyambut Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar di Lapangan Musara Alun Takengon, Kampung Blang Kolak 1 Kecamatan Bebesen, Rabu (12/06/2024).

Tingginya animo masyarakat terlihat dari panjangnya antrian saat membeli barang pokok mulai beras premium, telur ayam ras, minyak goreng kemasan, gula pasir, bawang merah, dan cabai merah keriting, disediakan oleh Dinas Pangan Aceh bekerjasama dengan Perum Bulog Takengon,
hanya dalam waktu 2 jam, semua persediaan habis terjual.

Pelaksanaan gerakan pangan murah kali ini merupakan GPM hari kedua yang digelar setelah kemarin (11/06) diadakan di Kampung Kayu Kul Kecamatan Pegasing. “Kemarin kita menggelar gerakan pangan murah di Kecamatan Pegasing, kali ini hari kedua di kita menyasar masyarakat di Kecamatan Bebesen, komuditi bahan pangan pokok yang dijual tetap sama dengan harga terjangkau oleh masyarakat”, kata Plt. Kepala Dinas Pangan Aceh Tengah Salman Nuri, S.STP, M.Ec.Dev.

Lanjutnya, kita sudah menyiapkan 300 paket sembako untuk masyarakat yang hadir dan kegiatan merupakan upaya pemerintah dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha 2024.

Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, turut hadir langsung memantau kegiatan gerakan pangan murah. “Gerakan pangan murah ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau di bawah harga pasar, serta menjaga ketersediaan pasokan dan harga pangan guna menekan inflasi di daerah menjelang hari besar keagamaan Idul Adha tahun 2024 ini”, ungkapnya.

Ia melanjutkan, melalui kegiatan ini masyarakat dapat menikmati harga murah dan terjangkau, saya mengapersiasi program kegiatan GPM yang digelah oleh Pemerintah Aceh.

“Oleh karena itu, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kembali kepada Pemerintah Aceh yang telah mendukung kegiatan ini. Melihat Aceh Tengah masuk dalam Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Aceh. Mudah-mudahan kegiatan gerakan pangan murah yang dilaksanakan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat serta dapat mendukung pemerintah dalam mewujudkan pangan yang kuat dan berdaulat,” pungkas Pj. Bupati T. Mirzuan.

Informasi harga sembako pada gelar pangan murah yang di jual di masyarakat dengan harga paket satuannya berkisar di Rp. 182.000,- dengan rincian Beras Premium 5 Kg dihargai Rp. 47.000,- gula pasir 2 Kg dihargai Rp. 28.000,- Minyak goreng 2 Liter dihargai Rp. 32.000,- Telur Ayam ras satu papan dihargai Rp. 43.000,- bawang merah 1/2 Kg 15.000,- dan Cabai merah 1/2 Kg dihargai Rp. 17.000,-. (RH/ProkopimAT)

X