Monev TP PKK di 14 Kecamatan Rampung, ini Laporan Ketua TP PKK Aceh Tengah

226

Takengon – “Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Tim Pengerak PKK Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2023, dilakukan untuk mengevaluasi kinerja kader-kader TP PKK di 14 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah”, demikian ungkap Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah, Ny. Novita Mirzuan, di Kediaman Dinasnya, Pendopo Bupati Aceh Tengah, Kamis (30/11/2023).

Fungsi PKK yang sangat penting dalam membantu tugas maupun kinerja pemerintah desa khususnya program yang berkaitan dengan perekonomian masyarakat hingga kaum perempuan.

Keberhasilan kaum perempuan tidak terlepas dengan dukungan dari pemerintah mulai dari tingkat terendah di Keluarga, Dasawisma, Kampung, Kecamatan, Kabupaten hingga ke tingkatan yang lebih luas lagi nantinya, sehingga kelemahan pendidikan dan SDM anggota TP PKK itu dapat di monitor dan evaluasi untuk dibentuk agar semakin meningkat dan berkembang, terang Ny. Novita Mirzuan lebih lanjut.

“Kegiatan Monev (Monitoring dan Evaluasi) TP PKK Kabupaten Aceh Tengah di tingkat Kecamatan tahun ini, telah dilaksanakan mulai dari Tanggal 23 Oktober sampai dengan 18 November 2023 yang lalu, yang bertujuan memonitoring dan mengidentifikasi permasalahan sehingga dapat memberikan solusi terkait administrasi dan pelaporan serta pemaparan program kerja prioritas TP PKK pada masing-masing Pokja 1 hingga 4.”, Ungkapnya lagi.

Dalam kegiatan Monev program-program PKK tersebut, membahas tentang administrasi dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten, Juga dibahas rencana-rencana kegiatan yang akan dilaksanakan untuk kedepannya. Selain itu dibahas kendala dan masalah yang ditemui ketika melakukan kegiatan dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan diadakannya Monev tersebut diharapkan kedepannya PKK akan semakin maju dan memiliki peran penting dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat terutama perempuan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

“Monitoring juga dilaksanakan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam penanganan penurunan Stunting di Kabupaten Aceh Tengah,TP PKK juga melakukan kerjasama dengan Kepala Puskesmas di 14 Kecamatan dalam pemberian BMT (Bahan Makanan Tambahan) agar tepat sasaran sehingga penanganan Stunting di Kabupaten Aceh Tengah bisa segera teratasi”, Terang Pj. Ketua TP-PKK.

“Mari kita tingkatkan peran kita sebagai seorang Ibu, bagi anak-anak bangsa dalam menjaga kesehatan dan status gizi anak dengan baik, untuk pencapaian generasi emas Aceh Tengah yang bebas stunting”, Ulasnya.

“Tim Penggerak PKK adalah gerakan yang di lakukan masyarakat untuk masyarakat, bahkan tidak digaji, walau lelah dan capek tapi terus dituntut untuk bekerja dengan ikhlas, dengan 4 syarat suksesnya TP PKK, yaitu komitment, kerja team, cari solusi disetiap masalah dan ketersediaan anggaran”, Pungkas Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah, Ny. Novita Mirzuan,.

Kunjungan ke 14 Kecamatan tersebut selain untuk melaksanakan Monitoring dan Evaluasi juga diisi dengan sosialisasi pembuatan Ekoenzim, yang merupakan hasil fermentasi limbah organik dapur menjadi bahan yang mempunyai banyak manfaat untuk alam dan manusia. Manfaat ekoenzim untuk pertanian adalah sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman. (HMA/ProkopimAT)

X