Pemerintah Aceh Tengah Komit Mantapkan Pengembangan Industri Pariwisata

696

Takengon – Dukungan dari keberagaman Kuliner yang terdapat pada suatu destinasi pariwisata dipercaya sebagai salah satu alat promosi dan pembentuk citra destinasi yang efektif, Kuliner mempunyai peran penting dalam Industri Pariwisata. Sebab sebagian besar pengeluaran wisatawan untuk kuliner. Selain itu, kuliner menjadi daya tarik yang kuat untuk mendatangkan Wisatawan.

Demikian dikatakan, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, pada acara penutupan dan Penyerahan hadiah pada Lomba Kuliner dan Kopi Gayo Kabupaten Aceh Tengah 2021, bertempat di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, pada Kamis Malam (11/11/21).

Dalam kegiatan yang mengusung tema “Pesona Aceh Tengah” tersebut, Bupati juga menyampaikan, seiring dengan perkembangan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Tengah beberapa Tahun terakhir, tentunya perlu didukung dengan rencana pengembangan pemasaran kepariwisataan dalam kemasan paket wisata unggulan dan pembangunan destinasi wisata yang sesuai dengan harapan wisatawan, termasuk dukungan ketersediaan kuliner yang memadai dan memiliki daya tarik tersendiri.

Menurutnya, Potensi wisata kuliner di Dataran Tinggi Tanah Gayo sangat luar biasa, keanekaragaman dan keunikan Kuliner Gayo yang didukung oleh keberagaman Sumber Daya Alam dan kekayaan budayanya, semoga dapat menjadi bekal utama dalam pengembangan Wisata Kuliner Gayo diwaktu-waktu mendatang.

“Selaku pimpinan daerah, kami sangat mendukung pelaksanaan Lomba Kuliner dan Kopi Gayo Kabupaten Aceh Tengah 2021 ini, kami berharap, lomba ini dapat melahirkan inovasi dan menciptakan keragaman kuliner sebagi pendukung Pariwisata Unggulan di Kabupaten Aceh Tengah,” jelasnya.

Adapun yang menjadi pemenang dalam lomba yang menjadikan Ikan yang bersumber dari Danau Lut Tawar dan Sayur Mayur serta Buah Lokal sebagai bahan baku kuliner tersebut yaitu, Juara Favorit 3 dari Kecamatan Kebayakan, Juara Favorit 2 Kecamatan Atu Lintang, Juara Favorit 1 Kecamatan Bebesen, Juara 3 Kecamatan Celala, Juara 2 Kecamatan Bintang dan Juara 1 jatuh pada peserta yang mewakili Kecamatan Lut Tawar.

Pada kesempatan tersebut Bupati sekaligus menyerahkan Penghargaan Anugerah Desa Wisata, kepada Enam Kampung Desa Wisata, yaitu Kampung Kerawang Bebesen, Kampung Hakim Bale Bujang, wisata Kampung Kuyun, Kampung Toweren Antara, Kampung Gunung Suku dan Kampung Suka Damai.

Dengan pertimbangan akan Daya Tarik utama, kemasan Produk dan Event Kegiatan, kelayakan lingkungan, pengembangan Prospek Bisnis, dan peran Pemerintah Kampung dalam pengembangan Destinasi Desa Wisata, dinilai layak ditetapkan sebagai Desa Wisata Kabupaten Aceh Tengah.

“Semoga nantinya, jumlah Kampung tersebut dapat terus bertambah seiring dengan meningkatnya kesiapan dan komitmen Pemerintah Kampung dalam mengembangkan potensi wisata di wilayah Kampungnya masing-masing,” harap Bupati Aceh Tengah.

Dalam acara yang sama, Kepala Daerah Penghasil Kopi terbaik itu juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada Kampung Kerawang Bebesen, Kecamatan Bebesen dan Kampung Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, yang berhasil masuk dalam 300 Besar Desa Wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021.

“Akhirnya, kepada para pemenang sekali lagi kami ucapkan selamat, semoga dapat terus meningkatkan kreativitasnya sekaligus semakin menginspirasi dan bermanfaat bagi kemajuan Pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah,” Tandas Bupati Shabela Abubakar, menutup sambutanya pada penutupan dan penyerahan hadiah Lomba Kuliner dan Kopi Gayo, yang dirangkai dengan penyerahan Anugerah Desa Wisata Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2021 tadi malam. (HMA/ProkopimAT)

X