Penyerahan KIA TK At-Taqwin Atu Lintang dan TK Satu Atap Wihni Bakong

36

Takengon – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Aceh Tengah menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) secara kolektif kepada murid TK At-Taqwin Kecamatan Atu Lintang dan TK Satu Atap Wihni Bakong Kecamatan Silih Nara.

Menanggapi penyerahan KIA tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal mengatakan pentingnya pengurusan KIA melalui sekolah untuk meningkatkan cakupan kepemilikan KIA di wilayah tersebut.

Mustafa menyebutkan pengurusan KIA secara kolektif melalui sekolah sangat efektif dalam meningkatkan jumlah anak yang memiliki KIA. “Kami melihat bahwa kolaborasi dengan sekolah-sekolah seperti TK At-Taqwin dan TK Satu Atap Wihni Bakong ini sangat membantu dalam memperluas cakupan KIA. Kami berharap lebih banyak sekolah ikut serta dalam program ini,” ujar Mustafa, Sabtu (08/06/2024).

Mustafa juga menekankan pentingnya partisipasi dari aparat kampung dalam program ini. “Kami mengajak aparat kampung untuk turut serta mendukung program pengurusan KIA. Dengan kerjasama yang baik antara sekolah, aparat kampung, dan Dukcapil, kita bisa mencapai target yang diinginkan,” tambahnya.

Selain itu, pihak Dukcapil Aceh Tengah juga menggandeng pihak swasta untuk memberikan berbagai keuntungan bagi pemegang KIA. “Kami telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan swasta yang bersedia memberikan diskon atau kemudahan lainnya bagi anak-anak yang memiliki KIA. Ini merupakan upaya kami untuk membuat KIA lebih bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Mustafa.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, Mustafa optimis bahwa target kepemilikan KIA di Aceh Tengah dapat melampaui 60 persen dari total anak yang wajib memiliki KIA pada tahun 2024. “Kami berharap dengan kerjasama yang baik dari semua pihak, kita bisa melampaui target tersebut dan memastikan bahwa setiap anak memiliki identitas resmi yang diperlukan,” ungkapnya.

Penyerahan KIA kepada murid TK At-Taqwin dan TK Satu Atap Wihni Bakong dilakukan secara simbolis. “Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah dan orang tua yang telah mendukung program ini. Semoga KIA ini dapat bermanfaat bagi anak-anak kita,” kata Mustafa.

Para orang tua murid juga menyambut baik program ini. Salah satu orang tua, Rina, menyatakan bahwa KIA sangat penting untuk keperluan administrasi anak. “KIA sangat membantu dalam berbagai urusan administrasi, seperti pendaftaran sekolah dan layanan kesehatan. Kami sangat terbantu dengan program ini,” ujarnya.

Pihak sekolah yang menerima KIA hari itu juga mengapresiasi upaya Dukcapil Aceh Tengah dalam mempermudah pengurusan KIA dengan mendukung program ini karena sangat bermanfaat bagi para murid dan mengharapkan kerjasama terus berjalan dengan baik.

Harapan semakin banyak anak di Aceh Tengah yang memiliki KIA untuk memudahkan dalam mengakses berbagai layanan dan memastikan mereka memiliki identitas resmi sejak dini. Dukcapil Aceh Tengah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan cakupan kepemilikan KIA di wilayah tersebut. (*)

X