Peresmian Gedung Perpustakaan Umum dan Kampanye Membaca Kabupaten Aceh Tengah, Mirzuan Harap Literasi Masyarakat Dapat Semakin Meningkat

140

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT meresmikan Gedung Perpustakaan Umum dan Kampanye Membaca di Kabupaten Aceh Tengah, bertempat di Gedung Perpustakaan Aceh Tengah Pinangan Kecamatan Kebayakan, Selasa (30/04/2024).

Hadir dalam peresmian tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Dr. Edi Yandra, S. STP, MSP beserta jajaran, Para Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Ketua Komisi D DPRK Aceh Tengah, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Para Camat se-Kabupaten Aceh Tengah, Camat Kebayakan beserta Forkopimcam, Imam Mukim dan Para Reje dalam Kecamatan Kebayakan, Para tokoh masyarakat, Pegiat literasi, pengelola perpustakaan dan masiswa serta siswa/siswi SMA/MA dan SMP/MTS sederajat.

Dalam sambutannya, Mirzuan menyampaikan salah satu urusan wajib yang harus dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten, sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, pemerintah kabupaten menjamin penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan di daerah.

”menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata dan menggalakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan perpustakaan, untuk itu dengan hadirnya perpustakaan ini diharapkan literasi masyarakat dapat semakin meningkat,” ujar Mirzuan.

”apabila pengetahuan masyarakat meningkat tentu akan timbul keinginan dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya, kondisi inilah sedang kita coba bangun di Aceh Tengah,” tambahnya,

Melalui kesempatan tersebut juga dilakukan seremoni pemotongan pita dan penandatanganan prasasti sebagai tanda diresmikannya operasional Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Tengah.

Selanjutnya, Pemerintah Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh juga melaksanakan kegiatan kampanye membaca di Kabupaten Aceh Tengah, sebagai bentuk perhatian besar terhadap perkembangan literasi di Kabupaten Aceh Tengah.

”kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh yang telah mengadakan kampanye membaca bagi pelajar dan mahasiswa,” ucap Mirzuan.

”melalui kegiatan kampanye membaca ini diharapkan dapat meningkatnya minat baca dikalangan masyarakat Aceh Tengah, sebagai upaya kita bersama dalam mendorong masyarakat terkhusus generasi muda agar lebih terbuka terhadap hal-hal yang mendidik dan membangun.” tutupnya. (AS/ProkopimAT)

X