Pj. Bupati T. Mirzuan, Berharap SPAM Segera Terwujud Di Aceh Tengah

196

Jakarta – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sedang mengupayakan percepatan pencapaian penyediaan infrastruktur air minum, baik dalam hal kuantitas, kualitas, kontinuitas maupun aksesibilitas air minum layak untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

Hal tersebut kembali mencuat, saat Pj Bupati Aceh Tengah, Ir. Teuku Mirzuan MT., didampingi Kadis PUPR dan Kadis Perkim Aceh Tengah Kembali mendatangi Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementrian PUPR RI, Jl. Pattimura, Selong, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, pada Senin (16/1/2023).

Diterima langsung oleh, Direktur Air Minum Ir. Anang Muchlis, Sp. PSDA, Penjabat Bupati pada kesempatan tersebut mengatakan pertemuan itu merupakan tindaklanjut dari pertemuan dengan Direktur Sistem dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Air Ditjen Sumber Daya Air berkaitan dengan rencana pengembangan dan peningakatan pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang di kelola oleh PDAM Tirta Tawar Takengon.

“Selain melakukan kajian awal terkait permasalahan dan alternatif penyelesaian kendala di lapangan, saat ini yang perlu lakukan adalah upaya nyata dalam peningkatan kebutuhan air bersih masyakat Aceh Tengah yang memerlukan kualitas pelayanan air bersih yang merupakan kebutuhan penting yang harus diupayakan segera keberadaannya,” Tegas T. Mirzuan, dalam pertemuan yang turut diikuti Perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatra I Aceh dan Direktur PDAM Tirta Tawar Kabupaten Aceh Tengah, melalui zoom meeting itu.

Lebih lanjut di sampaikan, Pelayanan air bersih harus ditingkatkan mengingat Kabupaten Aceh Tengah merupakan daerah kunjungan wisata dan juga sebagai daerah venue pada pelaksanaan PON 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten berkomitmen memperbaiki tatakelola dan infrastruktur serta mengevaluasi kinerja pelayanan air bersih di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

Menangapi hal tersebut, Direktur Sistem dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Air, menyampaikan agar Pemda dapat mengumpulkan data dukung memperjelas informasi baik terkait kejelasan aset PDAM, kondisi pemanfaatan nya, road map, dan teknis kawasan air bersih yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

“Kami berharap kepada Pemerintah Daerah dapat segera membangun koordinasi ke BWS sumatera I Aceh untuk melengkapi syarat adminitrasi perencanaan peningakatan optimalisasi infrastruktur air bersih di Kawasan Kabupaten Aceh Tengah”, Katanya, membuka jalan mengamini Harapan Masyarakat Aceh Tengah akan ketersediaan pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum yang layak, sehat dan higienis. (HMA/ProkopimAT)

X