Sekda Aceh Tengah, Hadiri Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIV Provinsi Aceh

328

Jantho – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy, AP, M.Si, menghadiri Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIV Provinsi Aceh, di Kompleks Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, Selasa (30/05/2023) malam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pimpinan dan anggota DPRA, para Bupati/Wali Kota dan Pj Bupati/Pj Wali Kota se-Aceh, Para Ketua TP-PKK Provinsi dan Kab/ Kota se-Aceh, Forkopimda dan Kepala SKPK Kabupaten Aceh Besar, Kepala DPMG se-Aceh, pelaku UMKM, dan para tokoh masyarakat.

Acara TTG XXIV Tingkat Provinsi Aceh dibuka secara resmi oleh, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Ir Mawardi, menyampaikan bahwa, melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya memanfaatkan alat Teknologi Tepat Guna dalam pengelolaan sumber daya alam gampong, sehingga kemandirian dan kesejahteraan masyarakat gampong dapat terwujud.

Ia juga menambahkan, kecenderungan partisipasi masyarakat kita dalam pengembangan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) di Provinsi Aceh semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat bahwa pada Tahun 2022 yang lalu, Kabupaten/Kota yang berpartisipasi pada lomba TTG hanya sebanyak 15 Kabupaten/Kota dengan jumlah alat yang diperlombakan sebanyak 29 (dua puluh sembilan) alat TTG dan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna terbaik/berprestasi sebanyak 14 (empat belas) Posyantek.

“tahun 2023 ini, sebanyak 17 Kabupaten/Kota telah berpartisipasi dengan jumlah alat TTG yang diperlombakan mencapai 49 (empat puluh sembilan) alat, yang terdiri dari kategori Inovasi TTG dan juga TTG unggulan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat kita semakin memahami tentang Teknologi Tepat Guna, dan memberikan nilai tambah bagi kegiatan ekonomi produktif masyarakat,” ujar Mawardi.

Kemudian Mawardi melanjutkan, Pemerintah Aceh akan berkomitmen terhadap pengembangan alat Alat Teknologi Tepat Guna, telah melakukan perlindungan Alat TTG fasilitasi akses pemasaran Alat TTG yang telah diperlombakan baik tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional sejak tahun 2021.

“untuk itu kami sangat mengharapkan komitmen dan keseriusan kita semua agar Alat-alat TTG yang ada dalam wilayah Kabupaten/ Kota segera dilakukan inventarisasi dan disampaikan kepada Pemerintah Aceh untuk dilakukan fasilitasi pemasaran sesuai dengan mekanisme yang berlaku.” Tutup Mawardi dalam sambutan Pj. Gubernur Aceh.

Saat ditemui, Sekretaris Daerah Aceh Tengah Subhandhy, AP, M,Si, menyampaikan bahwa tujuan dari acara TTG ke-XXIV Provinsi Aceh Tahun 2023 adalah untuk memperluas aksesibilitas terhadap teknologi tepat guna, menggali potensi kolaborasi dalam pengembangan inovasi, dan memperkuat kerjasama dalam menerapkan solusi teknologi tepat guna di berbagai sektor pembangunan dan kemajuan daerah.

“kami berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung pengembangan teknologi tepat guna, membangun kemitraan yang kuat, dan memajukan pembangunan berkelanjutan.” harap Subhandhy. (AS/ProkopimAT)

X