Sekda Pimpin Upacara Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional 2023

101

Takengon – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP, M.Si, menjadi pembina upacara Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke-115 Tahun 2023 dengan Tema “Semangat Untuk Bangkit”, bertempat di Halaman Setdakab Aceh Tengah, Senin (22/5/2023).

Saat membacakan sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Moh. Mahfud MD, Subhandhy menyampaikan Harkitnas ke-115, bermula dari gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan dan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, dengan tujuan untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu.

“Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni: memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” ujar Subhandhy.

“di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api Semangat Untuk Bangkit! demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Kemudian, Subhandhy melanjutkan, pada tanggal 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut.

“hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi,” kata Subhandhy.

“hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” lanjutnya.

Selain itu, Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah Bangsa Indonesia di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20. Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Menutup sambutan tertulis Plt. Menkominfo, Subhandhy mengajak mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit!.” tutup Subhandhy dalam sambutan tertulis Plt. Menkominfo tersebut. (AS/ProkopimAT)

X