Serahkan Piagam Hibah Ceruk Ujung Karang, Shabela: Di Tangan Kita Sejarah Bisa Berkembang

70

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar serahkan Piagam Penghargaan Hibah Lokasi Situs Cagar Budaya Ceruk Ujung Karang Kepada Ahli Waris Alm. H. Amin, bertempat di kawasan Bur Pepilon Kampung Jongok Meluem Kecamatan Kebayakan, Sabtu (19/06).

Penyerahan Piagam tersebut diberikan oleh Drs. Shabela Abubakar kepada Ir. Chaldun Djunaedy selaku perwakilan ahli waris Alm. H. Amin yang turut disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Camat Kebayakan, Reje Kampung Jongok Meluem dan aparatur desa beserta undangan lainnya.

Kadis Pendidikan Drs. Uswatuddin, M.AP dalam laporannya menyampaikan bahwa proses pembuatan Piagam Penghargaan itu dimulai pada tahun 2013 berupa Akte Hibah dibuat oleh Camat Kebayakan yang kemudian pada 2014 dibuat dalam bentuk piagam.

“Alhamdulillah pada hari ini piagam tersebut dapat diserahkan oleh Bupati Aceh Tengah”, ucap Uswatuddin.

Lebih lanjut dijelaskan, “Dinas Pendidikan melalui dana DOKA menganggarkan sekitar 740 juta rupiah untuk pengembangan cagar budaya Ceruk Ujung Karang dan Ceruk Mendale untuk tahun 2021”, tambahnya.

Sementara itu, Ir. Chaldun Djunaedy mengatakan 3.500 M² lahan yang dihibahkan tersebut diserahkan dengan kebesaran hati.

“Kami berbangga dengan ditemukannya nenek moyang orang Gayo di situs Ceruk Ujung Karang ini”, ungkap Chaldun.

“Dengan hibah ini kami yakin kawasan ini akan berkembang, karena situs ini bisa menjadi objek wisata yang bisa menambah PAD”, lanjut cucu Alm. H. Amin itu.

Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ahli waris atas hibah yang diberikan kepada Pemkab.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ahli waris atas hibah ini, semoga menjadi amal yang mengalir pahalanya”, tutur Shabela.

“Saya mengajak seluruh pihak untuk mendukung pengembangan Situs Ceruk Ujung Karang dan Ceruk Mendale, semoga di tangan kita sejarah bisa berkembang terutama sejarah Suku Gayo”, pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga melakukan penandatanganan grand desain pengembangan Situs Cagar Budaya Ceruk Ujung Karang tahun 2021. (KS/Humas)