Staf Ahli Pembangunan Membuka Rapat Koordinasi I Bidang Perumahan

188

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan M. Thamrin Elashri Mohd. Ali, SE, M.A.P, membuka secara resmi rapat koordinasi Bidang Perumahan I yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Aceh, di Parkside Gayo Petro Hotel, Rabu (21/06/2023).

Mengawali sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah, menyampaikan Rapat koordinasi Bidang Perumahan merupakan sebagai salah satu awal rangkaian kegiatan tahun 2023, dengan bertujuan penyamaan persepsi dan koordinasi pelaksanaan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) di kabupaten/kota.

Untuk itu, Pemerintah bertanggung jawab untuk memberikan jaminan perlindungan dan pemenuhan rumah layak huni secara berkeadilan bagi setiap warga negara.

Namun belakangan ini, dampak dari laju pembangunan aksesibilitas, ditambah lagi oleh realitas tekanan sosial, ekonomi dan kependudukan, menjadi pemicu terjadinya konsentrasi rumah yang tidak layak huni, kawasan permukiman yang padat, miskin dan kumuh.

“situasi inilah yang mendorong Pemerintah Aceh dan dengan dukungan kabupaten/kota, untuk terus berupaya menciptakan perumahan dan permukiman yang baik,” ujar Thamrin.

Kemudian, pembangunan RLH tahun 2023 direncanakan akan dilaksanakan di 23 Kabupaten sebanyak 1.287 unit, dan akan di mulai pelaksanaan awal Juli 2023.

“jumlah pembangunan RLH pada tahun ini lebih rendah dari tahun sebelumnya namun diharapkan tetap memberi manfaat besar bagi kaum duafa yang tidak mampu membangun rumah,” kata Thamrin.

“untuk itu, kita selaku Pemerintah Aceh baik itu pemerintah kabupaten maupun kota, harus saling lebih mendorong dalam penyelenggaraan pembangunan Rumah Layak Huni ini sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tepat sasaran,” lanjutnya.

Sebagai penutup dalam sambutan tertulis tersebut, menyampaikan agar melalui Rapat koordinasi tersebut, dapat menciptakan peluang dan potensi guna mempercepat laju pembangunan khususnya upaya penanganan RLH pendukung program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

“kepala seluruh peserta, kami ucapkan selamat mengikuti rapat koordinasi bidang perumahan, dan kiranya dapat bermanfaat bagi kita semua.” tutup Thamrin dalam sambutan tertulis Penjabat Bupati Aceh Tengah.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh atau yang mewakili, Eselon 3 di lingkungan Dinas Perkim Aceh, peserta Rakor dari Dinas Perkim atau dari Dinas PUPR Kabupaten/Kota se Aceh, dan PPTK & Panitia di Bidang Perumahan Dinas Perkim Aceh. (AS/ProkopimAT)

X