Pasar Murah Jelang Idul Adha 1445 H, Mirzuan : Upaya Tekan Inflasi dan Antisipasi Melonjaknya Harga Kebutuhan Pokok

51

Takengon – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemerintah Aceh melalui Dinas Perinsdustrian dan Perdagangan Aceh menyelenggarakan pasar murah tanggap inflasi Aceh yang berlokasi di Pasar Ilang Takengon, Selasa, (04/06/2024).

Pasar murah dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah, yang didampingin oleh Pj. Bupati Aceh Tengah, Pj. Bupati Bener Meriah, Pj. Bupati Aceh Tenggara, dan Pj. Bupati Gayo Lues.

Penyelenggaraan pasar murah ini berlangsung mulai 04-07 Juli 2024, dengan harga jual komoditas antara lain, beras prenium Rp. 94.000/ 10 kg, gula pasir Rp. 28.000/ 2 kg, minyak goreng Rp. 32.000/ 2 liter, dan telur ayam Rp. 42.000/ papan.

Tidak hanya di Aceh Tengah, pasar murah juga di selenggarakan di 22 Kabupaten/Kota dengan total 57 titik lokasi, sebagai upaya pemerintah untuk menekan tingginya angka inflasi saat ini.

Seusai dilakukan acara seremonial pembukaan pasar murah, Pj. Gubernur Aceh yang di dampingin oleh Pj. Bupati Aceh Tengah berserta rombongan melakukan meninjau dan berinteraksi langsung dengan para pedagang yang ada di Pasar Paya Ilang.

Saat ditemui, Pj. Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT menyampaikan pasar murah ini diselenggarakan sebagai upaya dalam menurunkan angka inflasi yang saat ini masih tinggi sekaligus mengantisipasi agar tidak melonjaknya harga kebutuhan pokok.

“pasar murah yang diselenggarakan hari ini, merupakan upaya kita bersama untuk menekan inflasi, sekaligus untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1445 H,” ujarnya.

“karena itu, kami mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Aceh atas terlaksananya pasar murah ini,” sambung Mirzuan.

Ia juga mengatakan, kolaborasi antar pemerintah, swasta, maupun masyarakat umum, untuk terus bergotong-royong dalam menghadapi tantangan ekonomi yang ada, pengendalian inflasi.

Mirzuan mengharapkan, pasar murah ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat kurang mampu, dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

“adanya pasar murah ini, kami berharap masyarakat dapat terbantu dalam memperoleh kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha.” tutup Mirzuan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Para Kepala SPKA dan Biro Setda Aceh terkait, Para unsur pimpinan daerah Kabupaten Aceh Tengah, dan para kepala perangkat daerah Kabupaten Aceh Tengah. (AS/ProkopimAT)

X