Pj. Bupati Mirzuan Dampingi Pj. Gubernur Aceh Tinjau Dua Sentra Produksi Sigaret Aceh Tengah

35

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT mendampingi Gubernur Aceh Bustami Hamzah, SE, M.Si meninjau dua lokasi produksi sigaret yang ada di Aceh Tengah, pada Selasa (04/06/2024).

Dua lokasi dimaksud adalah UD Kretek Gayo yang bertempat di Kampung Kemili, Kecamatan Bebesen serta Gayo Mountain Cigar yang berlokasi di Kampung Kayu Kul, Kecamatan Pegasing.

Di dua tempat tersebut, Bustami dan Mirzuan menyaksikan proses pembuatan rokok, baik kretek maupun cerutu, tahap demi tahapnya.

Usai meninjau, Bustami saat diwawancara mengatakan bahwa tidak boleh lagi barang mentah yang dijual, harus barang jadi.

“Untuk itu saya mendukung industri UMKM seperti ini, dukungan itu berupa sarana dan prasarana, sehingga menambah lapangan pekerjaan yang bisa menampung generasi muda untuk berinovasi dengan kreativitas”, ujar Bustami.

Dilanjutkan Bustami, ia mengatakan perlu ada peningkatan kualitas di sektor produksi, salah satunya dari segi kemasan.

“Masih ada hal yang kurang, ini yang kita dorong bagaimana packingnya, bungkusnya, warnanya, desainnya dengan kreativitas agar menarik di mata konsumen”, lanjutnya.

Secara terpisah Pj. Bupati Mirzuan turut mendukung industri UMKM di wilayah yang dipimpinnya tersebut.

“Kami terus mendukung UMKM dan pelaku industri lainnya di kabupaten Aceh Tengah untuk berkembang semakin baik, sehingga memberi kontribusi positif terhadap peningkatan penghasilan dan perekonomian masyarakat utamanya di industri sigaret”, ungkap Mirzuan.

Dalam kunjungan ini, Gubernur Aceh turut didampingi oleh Pj. Bupati Bener Meriah, Pj. Bupati Aceh Tenggara, Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Aceh, Kadis Perindag Aceh, Kadis Tanbun Aceh, Kadis Kelautan Dan Perikanan Aceh, Kadis Pangan Aceh, Kepala Bappeda Aceh, Kadis Peternakan Aceh, Ka. Biro Perekonomian Setda Aceh, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Aceh, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Aceh Tengah. (KS/ProkopimAT)

X